Luar Biasa, Pameran Seni Rupa di Festival Besurek di Taman Budaya Bengkulu

Selasa 24-08-2021,20:34 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Pembukaan Festival Besurek sukses digelar di Taman Budaya Bengkulu berhasil memukau tidak sedikit pasang mata yang dilakukan secara virtual dan luring hari ini Selasa (24/8). Apalagi Festival Besurek menjadi sejarah baru di Bengkulu, dalam mendukung platfrom Indonesiana. Belum lagi dukungan penuh dari semua pihak terkait dalam hal ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, BMA, Ketua Dewan Kesenian Kota, para seniman, komunitas seni yang telah berkolaborasi menyukseskan acara ini.

Direktur Utama Festival Besurek, Rommi Roestam, S.Sn mengucapkan terima kasih kepada para seniman yang telah menyukseskan dan menunjukan semangat, cita-cita selama ini bisa berkolaborasi bersama-sama, menghasilkan sebuah event Festival Besurek. "Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Bengkulu, platfrom Indonesiana sudah berjalan selama tiga tahun, dan Bengkulu hadir untuk pertama kalinya," kata Rommi dalam sambutannya tadi pagi, Selasa (24/8).

Dimana cita-cita dari Dirjen Kebudayaan adalah bagaimana komunitas seni terus didukung dari sektor seni budaya di daerah masing-masing. Lanjut Rommi, inilah yang terus digaungkan, dimana semangat ini akan terus menghadirkan seni budaya Bengkulu, menjadi sesuatu yang ideal. Tidak hanya bertaraf nasional, tapi menuju Internasional. "Walaupun banyak persoalan dan hambatan selama ini, melihat situasi pandemic semuanya menjadi terhambat. Namun ini bukan sebuah alasan, tapi justru seni budaya tidak bisa dibunuh, dihentikan. Maka dari itu, kami buktikan bahwa kreativitas itu tidak bisa berhenti. Kreativitas tetap berjalan, tapi semangat bergelora tinggi, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan. Kita lihat sendiri seni dan budaya berkembang menuju media baru, inilah yang menjadikan Festival Besurek dengan konsep virtual kami ingin mengatakan seni dan, budaya tidak mati karena bisa hidup, dalam kondisi apapun," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dikbud Kota, Martina Nengsih, M.Pd sangat mengapresiasi pembukaan Festival Besurek tersebut. Sampai berkeliling, pameran seni rupa ini yang luar biasa. Selain itu, hasil kerja keras tim tertuang di acara pembukaan itu, dan masih ada kejutan spesial dari rangkaian kegiatan Festival Besurek sampai tanggal 27 Agustus 2021 mendatang. "Kami berharap semua masyarakat bisa berpartisipasi menyaksikan karya luar biasa yang ditampilkan. Walaupun waktu persiapannya singkat, tapi mampu membuat tim yang solid," ujar Martina.

Disisi lain, Wakil Walikota Bengkulu, Dr. Dedy Wahyudi, SE, MM dalam sambutan melalui virtual mengatakan, apresiasi yang setinggi-tinggi bagi pelaku seni di Bengkulu yang sukses membawa sejarah baru di Bengkulu, dengan menggelar Festival Besurek. Apalagi, kata besureknya sangat indentik dengan Kota Bengkulu. Yaitu batik besurek. "Sukseskanlah acara ini, dan tahun depan akan kembali digelar Festival Besurek, dengan hadiri seluruh masyarakat Bengkulu, dan pandemi juga berakhir," kata Wawali sembari membuka kegiatan secara resmi.

Bagi masyarakat yang ingin melihat pameran seni rupa, langsung datang ke Gedung Taman Budaya, dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Berikut kegiatan acara dari tanggal 24 sampai 27 Agustus 2021,

Tanggal 24 Agustus, pembukaan, pameran seni rupa, dan pertunjukan Seni Budaya ISI Padang Panjang.

Tanggal 25 Agustus 2021, pukul 09.00 sampai 16.00 WIB pameran seni rupa, pukul 10.00 sampai 14.00 WIB, gelar tari.

Tanggal 26 Agustus 2021, pukul 09.00 sampai 16.00 WJB, pameran seni rupa, pukul 10.00 sampai 14.00 WIB, gelar tari.

Tanggal 27 Agustus 2021, 09.00 sampai 16.00 WIB, pameran seni rupa. Bagi masyarakat yang tidak bisa hadir, bisa menonton live streaming sosial media Festival Besurek, dan Youtube Radar Bengkulu Online. (ach/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait