Sanuludin: Urus Olahraga Itu Tidak Bisa Sendiri

Selasa 07-09-2021,18:03 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Pengurus KONI Mukomuko Dilantik

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Mukomuko, Hendra Cipta beserta jajaran pengurus masa bakti 2021-2025 resmi dilantik oleh Plt. Ketum KONI Provinsi Bengkulu, Drs. Sanuludin, Senin malam (6/9) di Balai Daerah Mukomuko. Pelantikan pengurus KONI Kabupaten Mukomuko ini disaksikan langsung oleh Bupati, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA, Ketua DPRD, M. Ali Saftaini, Pimpinan FKPD, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Mukomuko, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam Sambutannya, Plt. Ketum KONI Provinsi mengatakan, mengurus olahraga tidak bisa sendiri. Dibutuhkan kerjasama antara pelaku olahraga, KONI, Pemerintahan, dan termasuk pihak swasta. Oleh sebab itu, ia berharap kepada pengurus KONI Mukomuko yang baru dilantik ini, kedepan mampu membangun kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya pemerintah dengan tujuan memajukan olahraga. "Dilakukannya pelantikan ini, tanda kita mulai bekerja. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Junjung Undang-Undang yang berlaku serta AD/ARD KONI."

Menurut Sanuludin, kemajuan sebuah daerah, dapat dilihat dari geliat olahraganya. Majunya olahraga di sebuah daerah, menjadi salah satu indikator majunya daerah tersebut. Akan tetapi, sambung orang yang telah lama mengabdi di KONI Provinsi Bengkulu ini, membangun dan memajukan olahraga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal itu bisa terpenuhi dengan support pemerintah.

Dorongan pemerintah tidak mesti menggelontorkan dana yang banyak ke KONI dari APBD. Apalagi tengah kondisi keuangan negara saat ini. Akan tetapi, pemerintah bisa mengajak pelaku usaha untuk memberi perhatian terhadap olahraga. "Ini maaf Pak Bupati, bukan maksud mengajari. Jangan minta uang dengan perusahaan, tapi minta mereka membina atlet, membina pelatih, dan membangun sarana prasarana olahraga," saran Plt Ketum KONI. "Saya yakin itu bisa terlaksana di Kabupaten Mukomuko. Potensi itu ada. Tentu dengan dorongan dan support pemerintah. Makanya ini, saya titip KONI Mukomuko, Pak Bupati," demikian Sanuludin.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Plt. Ketua KONI Provinsi, Bupati Sapuan menegaskan, kalau Pemkab Mukomuko di bawah kepemimpinan Sapuan-Wasri akan serius mendorong kemajuan di bidang olahraga. Hal itu dibuktikan urusan kepemudaan dan olahraga telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mukomuko 2021-2026."Apa yang disampaikan oleh Pak Ketua KONI (Sanuludin) tadi menjadi tantangan bagi kami (Pemkab Mukomuko). Diluar itu, olahraga menjadi bagian dari visi dan misi kami (Sapuan-Wasri). Dan urusan olahraga sudah masuk dalam RPJMD," sampai Sapuan dalam sambutannya.

Mengenai anggaran yang bersumber dari APBD, "Nah, ini ada Ketua DPRD Mukomuko. Tentu kami mohon dukungan dari lembaga legislatif," sambung Bupati sembari tersenyum ke arah Ketua DPRD.

Kepada pengurus KONI Mukomuko yang baru dilantik, Bupati berharap Hendra Cipta dkk mampu memasyarakatkan olahraga hingga mampu menorehkan prestasi, sehingga olahraga bisa mempromosikan Daerah Mukomuko, baik tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. "Kepada pengurus KONI yang baru dilantik saya ucapkan selamat. Pak Ketum Provinsi dan jajaran pengurus, mohon arahan dan bimbingannya untuk KONI Mukomuko. Dengan bersama-sama, in sya Allah olahraga Mukomuko maju," tutup Bupati.

Sementara, dalam pidato perdananya setelah dilantik, Hendra Cipta menyampaikan, sejatinya ada banyak jajaran pengurus KONI Mukomuko yang akan dilantik secara langsung. Namun mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan wajib menerapkan protokol kesehatan, tidak semua bisa dihadirkan langsung.

"Keinginan kami, semua jajaran pengurus mulai dari Ketum, Waka 1, 2, 3, Sekretaris, Bendahara, 8 bidang semuanya mau kami hadirkan. Tapi mengingat harus protokol kesehatan, hanya beberapa saja pengurus yang dilantik secara langsung. Saya berharap kondisi ini tidak mengurangi esensi pelatikan pengurus KONI Mukomuko secara keseluruhan," sampainya.

Hen - sapaan akrab Hendra Cipta - mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh pengurus KONI Provinsi Bengkulu terhadap Mukomuko. Yang telah bersedia jauh-jauh menempuh lebih kurang 375 kilometer datang ke Mukomuko untuk melantik pengurus KONI Mukomuko. "Support ini menjadi pemicu semangat kami untuk bekerja memajukan olahraga di Mukomuko dan meraih prestasi dikemudian hari," ucapnya.

Ia juga mengajak seluruh komponen yang ada di Mukomuko, khususnya pemerintah, pengurus KONI, pengurus Cabang Olahraga (Cabor), pelaku olahraga, pelaku usaha serta masyarakat untuk bersama-sama mendorong kemajuan olahraga daerah ini. "Pelantikan ini menjadi tonggak kita untuk menyongsong masyarakat yang sehat, berolahraga dan berprestasi," demikian Ketum KONI Mukomuko. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait