Lidi Sawit Seluma Diekspor ke Luar Negeri

Minggu 03-10-2021,20:11 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Dijual Rp 2.000 per Kilo Gram

RBO >>>  SELUMA >>>  Petani sawit di Kabupaten Seluma saat ini mulai bernapas lega. Tidak hanya harga Tandan Buah Segar (TBS)  sawit yang menanjak hingga Rp 2.000 per kilo gram, lidi sawitpun saat ini laku di pasaran ke luar negeri. " Lidi sawit untuk memenuhi permintaan ekspor negara-negara Timur Tengah. Selain itu, juga sejumlah negara tetangga seperti Thailand, Singapura,dan India,'' ujar salah seorang pengepul lidi sawit di Seluma, Sarjan Efendi SE, saat dihubungi radarbengkuluonline.com Minggu (3/10).

Untuk memenuhi permintaan itu, lidi sawit diterima Rp 2.000 per kilo gramnya. Dengan kriteria lidi kering, panjang lidi sekitar 90 sampai 120 cm. " Lidi dipisahkan dari daunnya, dan dikeringkan," kata Sarjan.

Umumnya, lanjutnya, lidi dari pelepah sawit dimanfaatkan untuk pembuatan sapu lidi. Namun, dengan berkembangnya inovasi dan preferensi pasar, lidi sawit telah dikembangkan menjadi beberapa jenis produk kerajinan (handcraft). Seperti piring anyaman hingga tas dan kerajinan lainnya. " Saat ini, bisnis ini baru akan dicoba.Mudah-mudahan menjadi potensi usaha baru," kata dia.

Sementara itu, menurut salah seorang petani sawit di Desa Kota Agung, Kecamatan Seluma Timur, Afrizal Feri, potensi lidi sawit dapat membantu kalangan ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. " Bahan bakunya sangat mudah didapatkan. Sembari mengisi waktu luang, bisa sambil cari uang. Terutama bagi kalangan ibu-ibu," kata Afrizal Feri. (one)

Tags :
Kategori :

Terkait