BLUD Minta LKM Segera Kembali Dana Awal Agar Bisa Ditambah Lagi

Sabtu 16-10-2021,17:56 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> BENGKULU >>>  Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Samisake Kota Bengkulu, Supran S.IP, M.AP mengatakan, saat ini pengembalian pinjaman dana samisake sampai saat ini belum 100% dikembalikan oleh LKM yang bagian penyaluran di kelurahan-kelurahan di Kota Bengkulu.

''Sampai saat ini tim kita tetap optimis dana yang telah dikucurkan Pemerintah Kota Bengkulu kepada pelaku usaha kecil di lingkungan kelurahan akan segera kembali seutuhnya. Dimana ditahun 2014, Walikota Bengkulu, Helmi Hasan meluncurkan program samisake (1 miliar 1 Kelurahan). Total anggarannya yang telah dikucurkan sebesar Rp 13,5 miliar,'' jelas Supran kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Supran menambahkan, untuk penambahan saat ini belum akan melakukan penambahan anggaran untuk LKM. Namun pihaknya akan menilai dimana LKM yang telah mengembalikan dana bergulir ini 100% ke BLUD samisake.''

Untuk melakukan pengguliran kembali itu syaratnya harus kembalikan dana awal yang telah disalurkan oleh BLUD samisake. Mayoritas saat ini pengembalian dana samisake ada yang 70 %, 50% dan 30% belum ada yang full menyelesaikan,''jelasnya. Untuk diketahui, LKM yang pengembaliannya di bawah 10 % itu ada sekitar 20 LKM dari 58 LKM.''Selebihnya di atas 15 % , ada 70% dan sudah ada yang 80% pengembalian dana tersebut ke BLUD samisake dari total dana yang telah kita berikan.''

Supran juga menambahkan, dana yang digulirkan ke LKM bervariasi. Dari yang paling besar Rp 500 juta sampai dengan paling kecil Rp 50 juta. Untuk besar kecilnya dana yang digulirkan ini berdasarkan penilaian daerah yang dinilai oleh tim dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu. Ini dinilai aspek perhitungan bagaimana mereka akan mengembalikan ke BLUD Samisake  (ae3)

Tags :
Kategori :

Terkait