Apa Itu Streetwear? Trend Fashion Anak Muda Masa Kini

Rabu 20-10-2021,17:25 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

TAMPIL sederhana, namun tetap trendi adalah prinsip solid anak muda masa kini. Tak ada pakem khusus untuk menentukan preferensi fashion Anda. Anda bisa bereksplorasi dengan gaya fashion klasik, chic, bohemian, hingga streetwear. Namun streetwear adalah salah satu fashion item populer yang paling diminati di seluruh dunia hingga terus meluas pengaruhnya.

Faktanya, di beberapa perusahaan, khususnya start-up, streetwear sudah begitu akrab dan lekat dalam kultur mereka. Banyak pihak memilihnya menjadi outfit of the day. Termasuk para pegawai kantoran.

Apa itu streetwear ? Sebutan “streetwear” mungkin masih menjadi istilah asing bagi beberapa orang. Atau sebenarnya ada di sekitar Anda. Bahkan tanpa sadar Anda pernah mengenakannya. Tidak ada istilah tunggal sebagai penjelasan, Karena, maknanya yang terus berkembang.

Oleh sebab itu, demi menunjang penampilan dan wawasan fashion Anda, maka perkembangan dunia fashion harus terus diikuti. Khususnya bagi generasi muda agar tetap uptodate.

Kabar baiknya, ada satu brand streetwear yang paling banyak digemari dan dicari, lho. Brand yang memiliki reputasi baik, sustainable dan anti terhadap eksploitasi para pekerjanya. Brand apakah itu? Scroll hingga akhir untuk menemukan jawabannya ya!

Trend Fashion Streetwear Asal Usul Streetwear Sejak dulu streetwear telah menjadi idola dan fashion favorit anak muda. Salah satu alasannya streetwear adalah fashion item yang paling berkualitas, namun dengan harga terjangkau, khususnya bagi pelajar sekolah dan mahasiswa.

Sesuai namanya, “street” berarti jalanan dan “wear” berarti pakaian. Istilah streetwear ini juga lekat dengan dunia jalanan dan circle para pelaku seni di dalamnya. Sebagian besar dari kaum muda sporty dan artsy. Mulai dari pecinta music hip-hop, skateboard lovers, hingga seniman jalanan yang mengedepankan kebebasan adalah awal inspirasi dari munculnya jenis pakaian streetwear ini.

Streetwear terus berkembang hingga dijadikan sebagai pilihan utama dalam acara casual atau kegiatan nonformal. Sebagai item casual, maka sangat cocok dikenakan untuk hangout atau sekadar berjalan-jalan. Juga aktivitas sehari-hari saat bersantai.

Akan Terus Hits Hingga Beberapa Tahun Mendatang Hoodie adalah salah satu jenis streetwear yang kini sedang melonjak naik. Bahkan, fashion expert telah memprediksi peminatnya akan terus naik beberapa tahun ke depan. Generasi muda yang dinamis dan kreatif tentu sangat cocok dengan fashion item yang simpel, nyaman dan fleksibel. Selain mendukung aktivitas juga sangat praktis dan efisien.

Beberapa dekade sebelumnya, streetwear sempat mati suri. Namun, berkat tangan dingin beberapa fashion designer ternama, streetwear akhirnya bangkit kembali. Para influencer muda juga turut mendukungnya melalui unggahan di berbagai platform, khususnya Instagram dan Pinterest.

Selain dipengaruhi oleh para pegiat media digital, eksistensi streetwear juga didukung oleh melonjaknya kesadaran mengenai prinsip gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik. Keduanya menghasilkan kombinasi menarik, fashion dan nilai kehidupan seimbang. Trendy dan sporty yang menyatu dalam bentuk streetwear. Macam-macam Streetwear Sporty, Favoritnya Milenial

Setelah mengetahui apa itu streetwear, sekarang mari kenali beberapa jenis streetwear yang tengah hits dalam kategori sporty. Diantaranya, hoodie, sweatshirt, varsity, footwear, graphic T-shirt hingga snapback sebagai aksesoris.

Jenis hoodie adalah yang paling populer dan banyak dipilih. Ciri khasnya ada pada dua kantong di bagian depan dengan tudung yang talinya bisa disesuaikan. Materialnya sendiri cenderung tebal dan lembut, sehingga cocok untuk melindungi badan dari angin.

Jenis streetwear kedua adalah sweatshirt. Baju yang kerap disamakan dengan sweater ini merupakan jenis pakaian yang cocok dikenakan untuk berolahraga. Tidak seperti sweater yang terbuat dari wol, sweatshirt terbuat dari katun atau polyester, sehingga lebih mudah menyerap keringat.

Selanjutnya ada varsity, sebuah jaket dengan kombinasi warna yang berbeda di bagian lengan dan tubuhnya. Jenis bahan elastis yang melingkari pergelangan tangan, lingkar leher, dan bagian bawahnya menjadi ciri khas dari sporty varsity jacket.

Kemudian ada Graphic T-shirt yang masih terus menjadi andalan karena hanya berbentuk kaos dengan gambar-gambar desain menarik di bagian depannya. Tak jarang berbagai brand streetwear hanya memunculkan nama merek tanpa tambahan desain apa pun. Justru model seperti ini lebih banyak peminatnya dibandingkan full desain.

Selain pakaian, ada footwear atau biasa kita kenal sebagai sneakers. Produk sepatu yang dirancang khusus untuk aktivitas berolahraga. Terakhir ada snapback yang termasuk fashion item andalan para pecinta streetwear. Sifatnya sangat mencirikan gaya swag anak hip-hop. Berparuh keras namun tetap lunak bagian mahkota bundarnya. Tepat di tengah bagian depan, biasanya menampilkan nama merek tertentu.

Apa Merek Streetwear Terbaik? Salah satu brand streetwear sporty yang bagus adalah Champion. Sejak 1919, brand ini sudah digemari oleh komunitas hip-hop, hardcore, skateboarder, dan para pelajar karena berani menawarkan harga ekonomis untuk kebutuhan streetwear yang berkualitas.

Meski pernah menghilang di tahun 90an, namanya mencuat kembali dan mencuri perhatian masyarakat global karena sangat fleksibel dan mengikuti zaman. Nah, sejak 2010, Champion mulai unjuk gigi kembali memamerkan produk-produk terbaiknya seperti di masa sebelumnya melalui akun Instagram official-nya.

Tak tanggung-tanggung, brand ini pernah beberapa kali berkolaborasi dengan Supreme, Undefeated, Vetements hingga Japan brand A Bathing Ape and Monkey Time. Tak ketinggalan, artis papan atas, Kylie Jenner pun pernah mengenakan Champion.

Selain desainnya yang keren, bahannya juga terjamin berkualitas. Dalam web resminya, Champion menyebutkan beberapa upaya yang telah dilakukan demi menjaga lingkungan, serta menjamin kesejahteraan para karyawannya.

Brand idaman kan. Selain ramah lingkungan, juga memanusiakan karyawan. Memiliki produk unggulan, plus desain dan bahan nyaman. Yakin tidak mau mencoba Champion? Setelah mengetahui informasi mengenai apa itu streetwear, kini Anda bisa lebih mudah menentukan streetwear keren Champion mana yang ingin dibeli.

Untuk mendapatkannya produk original Champion, langsung saja cek di Blibli.com. Harga yang ditawarkan pada official store Champion di Blibli pun sangat kompetitif. Segera cek Champion favorit Anda di Blibli sekarang juga! (**)

Tags :
Kategori :

Terkait