Layanan Perpustakaan Bengkulu Semakin Prima

Kamis 28-10-2021,10:17 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com - BENGKULU - Kedepan, pelayanan perpustakaan diyakini bakal meningkat. Ini seiring dengan keberadaan program koleksi digital yang telah disosialisasikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd.

Menurutnya, dengan program koleksi digital ini, perpustakaan yang ada di Provinsi Bengkulu pasti berdampak terhadap peningkatan pelayanan pustakawan. "Baik terhadap pemustaka, dan juga penggunanya. Sehingga harapan kita agar minat baca dan wawasan meningkat dapat tercapai," ungkap Meri Sasdi kepada radarbengkuluonline.com kemarin (27/10).

Ketika minat baca dan wawasan meningkat, lanjutnya, secara otomatis berdampak terhadap peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM). "Dengan begitu, literasi peningkatan kesejahteraan masyarakat terwujud. Tentu saja program ini juga dapat memotivasi para pustakawan untuk meningkatkan kompetensinya."

Sementara itu Pustakawan Madya Perpusnas, Yuli Maryani mengatakan, program koleksi digital ini tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang melanda saat ini. "Sehingga masyarakat tidak bebas untuk mengunjungi perpustakaan. Karena ada pembatasan guna menghindari penyebaran pandemi," terang Yuli.

Fakta inilah, sambung Yuli yang melatarbelakangi pihaknya membuat program koleksi digital untuk memperkuat keinginan masyarakat mengakses jurnal dan buku koleksi perpustakaan. "Koleksi digital ini tetap bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat. Ada beberapa aplikasi yang kita siapkan untuk android," terangnya.

Selain itu, paparnya, Perpusnas juga memiliki program layanan keanggotaan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang  bekerjasama pada Dukcapil. "Jadi, dengan program ini masyarakat bisa memiliki kartu perpustakaan dan bisa meminjam buku di perpustakaan terdekat," singkat Yuli yang juga merupakan Ketua Kelompok Pemustaka dan Literasi Perpustakaan. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait