Pilkades Serentak MM, Nyoblos Langsung Vaksin

Senin 01-11-2021,18:16 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com -  MUKOMUKO - Pencoblosan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 47 desa yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Mukomuko dilaksanakan Senin kemarin (1/11). Pelaksanaan Pilkades ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Selain itu, petugas vaksinator juga ditongkrongkan di mayoritas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk langsung melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga yang mencoblos.

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA beserta jajaran Pemkab Mukomuko turun langsung memantau hari H pelaksanaan Pilkades serentak gelombang ke-3 ini. Bahkan bertempat di Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjuto, Bupati mengikuti rapat pemantauan Pilkades serentak bersama Kemendagri melalui rapat vicon.

Saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com, Bupati bersyukur 47 desa, semua dapat melaksanakan Pilkades sesuai rencana. Dari pantauan langsung dan jajaran, pelaksana pemungutan di setiap desa berjalan dengan lancar. "Alhamdulillah Pilkades di 47 desa digelar dan berjalan lancar. Utama lagi, penerapan Prokes sangat ketat," ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, dalam pelaksanaan Pilkades 1 November 2021 ini juga langsung dilakukan gebyar vaksinasi Covid-19 di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Jadi masyarakat yang sudah memilih Cakades, bisa langsung vaksin. Ini bukan saja agar Pilkades kita aman dari Covid, tapi juga sekaligus mendongkrak angka persentase capaian vaksinasi kita."

Terpisah, Kadinkes Kabupaten Mukomuko, Riswandi Dani,S.KM ketika dikonfirmasi mengatakan, memang belum seluruh masyarakat di desa penyelenggara pilkades mendapatkan vaksin Covid-19. Menurutnya, ini menjadi momen baik untuk melakukan vaksinasi. "Jadi masyarakat di desa penyelenggara pilkades yang belum mendapatkan vaksin, mereka bisa mendapatkan vaksin di TPS pilkades karena tim vaksinator sudah standby di lokasi itu," kata Riswandi.

Ia juga memastikan, untuk ketersediaan vaksin bagi masyarakat khususnya di desa penyelenggara pilkades hingga saat ini masih aman. Setidaknya ada 10.000 vaksin siap digunakan.

Kesempatan tersebut hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Sebab, masyarakat tidak lagi jauh-jauh datang ke Puskemas atau RSUD hanya untuk mendapatkan vaksin tersebut. "Pemkab tidak hanya hari ini saja akan melakukan vaksinasi jemput bola seperti ini. Kedepan kegiatan serupa akan dilaksanakan juga di momen lain."  (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait