Ini Dia Kiat Meningkatkan Minat Membaca Buku

Jumat 05-11-2021,07:41 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com - BENGKULU – Belakangan tahun terakhir ini, membaca buku sudah tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Ditambah lagi pada jaman sekarang ini, kegiatan membaca buku semakin hari semakin mulai ditingalkan.

Salah seorang mahasiswa semester 6 Universitas Bengkulu, Ruth juga mengalami hal itu. Ia  mengatakan bahwa dirinya juga sempat tidak ada minat untuk membaca. Padahal, ia adalah seorang mahasiswa. Ia mulai mengganggap membaca buku tidak begitu penting lagi bagi dirinya.

Seiring  berjalannya waktu,  ia mulai tersadar bahwa ada yang salah dengan pemikiran seperti itu. Ia pun merasa ada yang berbeda dengan dirinya yang sekarang dengan yang dulu ketika masih rajin membaca buku.

“Saya merasa aneh dengan diri saya semenjak tidak pernah lagi membaca buku. Apalagi ketika sedang daring, untuk memahami materi yang diberikan dosen pun saya sangat kesulitan,” ujar Ruth kepada radarbengkuluonline.com  kemarin.

BACA JUGA: Unib Wajibkan Mahasiswa Divaksin Akhirnya ia searching tentang manfaat membaca buku di google. Dan ia menemui beberapa manfaat yang dianggapnya sangat penting bagi setiap orang, terutama dirinya. Manfaat tersebut ialah menstimulasi kerja otak menjadi lebih baik, menambah pengetahuan, memperluas kosakata, meningkatkan memori serta meningkatkan konsentrasi.

Menyadari hal itu, ia tidak berpikir panjang lagi. Ruth selalu menyempatkan dirinya untuk membaca buku minimal 30 menit per hari. Bukan suatu hal yang mudah untuk merubah sebuah kebiasaan, tentu ada tantangan dan rintangan yang harus dilewatkan.

“Untuk tetap menjaga konsisten membaca buku setiap hari itu, ya gimana ya. Kalau buat saya, tetap mengingat manfaat yang baik bagi diri sendiri tersebut sih. Apapun ceritanya, kita harus bisa melawan ego kita. Kalau kita merasa membaca buku baik buat kita, jangan ditawar-tawar lagi. Lakukan saja dengan senang hati.”  (Mg-1).

Tags :
Kategori :

Terkait