Pemilihan OSIS SMAN 7 Kota Terapkan Ala Pemilu

Senin 08-11-2021,18:13 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com-  BENGKULU - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 7 Kota, dalam pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2021-2022, menerapkan asas kepemiluan, dengan melibatkan seluruh dewan guru, staf, dan siswa, melalui surat suara beserta bilik tempat untuk mencoblos yang disediakan oleh panitia penyelenggara.

Sebanyak 1.200 surat suara disediakan untuk memilih dua pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Muhammad Alfi Ash-Shadiqy dan Nadia Nur Syiyamita. Paslon nomor 2, Widhiaztama Ariksha Putra dan Wahyu Ramadan. Selain itu, dalam pemilihan OSIS ini, juga memilih ketua baru Majelis Perwakilan Kelas (MPK), palson nomor 1, Markus Pakpahan dan Mahesya Permana, nomor 2, Andreas Danny dan Olivia Diva Nabila. Sedangkan untuk Wakil 2 Ketua OSIS, nomor 1, Obser Noveky, nomor 2, Nastiya Assyarie Yanuar.

Ketua OSIS SMAN 7 Kota Bengkulu, M. Abel Aldani mengatakan, pemilihan OSIS tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, perdana menggunakan kotak suara dan tempat bilik pencoblosan seperti layaknya Pemilihan Umum (pemilu). Pihaknya meminjam bilik itu ke KPU Kota. "Ya, ini perdana pemilihan OSIS menggunakan bilik kotak suara langsung. Kami terinspirasi dari SMA lain yang sudah menerapkan itu," ujar Abel kepada radarbengkuluonline.com, Senin (8/11).

Dijelaskannya, untuk tahap pemilihan calon Ketua OSIS ini, pihaknya melakukan rapat dengan kelas X dan XI, untuk menentukan siapa yang ingin mencalonkan diri jadi Ketua OSIS. Setelah itu, pihaknya mengadakan rapat lagi dengan guru pembina OSIS dan dewan guru. "Selanjutnya, tahapan wawancara dari dewan guru, dan diakhiri dengan debat paslon, untuk melihat visi dan misi program yang akan dijalankan," jelasnya.

Disisi lain, Kepala SMAN 7 Kota, Miduan Harta, S.Pd, MM, usai mencoblos pemilihan Ketua OSIS mengatakan, sangat mendukung kegiatan tersebut, walaupun pemilihan OSIS ini dinilai sudah terlambat, namun mulai dari penjaringan calon sampai tahapan pemilihan suara patut diapresiasi. Pihaknya belum bisa menentukan siapa yang terpilih menjadi Ketua OSIS periode 2021-2022. Sebab, perolehan suara akan dihitung dan diumumkan di Harin Selasa (9/11) pagi hari. "Kedua calon ini, kami anggap sudah berkompeten. Tinggal lagi, pilihan dari siswa dan dewan guru yang akan ditunggu hasilnya," ujar Miduan.

Miduan berharap dengan terpilihnya Ketua OSIS yang baru, nantinya dapat menjalankan program yang bagus serta optimal, walaupun ada beberapa kegiatan yang dialihkan. Harapannya, OSIS dari tahun ketahun berkembang, dan lebih maju. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait