Lanal Bengkulu Gagalkan Aksi Curanmor

Selasa 30-11-2021,22:56 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Bentuk Sinergitas TNI/Polri Dalam Jaga Kamtibmas

radarbengkuluonline.com -  BENGKULU - Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi tugas semua pihak. Salah satu bentuk aksi nyata itu dilakukan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu yang berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (Curanmor). Ini terjadi pada 30 November 2021 sekitar pukul 08.00 WIB.

Hal ini juga dilakukan tidak lepas dari bentuk sinergitas antara TNI Polri dalam menciptakan Kamtibmas di masyarakat. Terutama di wilayah kerja Lanal Bengkulu. Bentuk sinergitas antara TNI, Polri, dalam hal ini Lanal Bengkulu yakni berhasil membantu pihak kepolisian dalam melaksanakan penangkapan Curanmor yang kerap terjadi akhir-akhir ini di Kota Bengkulu. Bahkan terkadang pelakunya pun masih anak di bawah umur.

"Ini sudah menjadi tugas kita dalam menciptakan Kamtibmas. Apalagi ini merupakan kasus kriminalitas. Jadi, sudah sewajarnya kita yang berada di lokasi ikut serta dalam hal tersebut," ucap Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P), Yudi Ardian kepada radarbengkuluonline.com  tadi siang (30/11).

BACA JUGA:

Koalisi di Bengkulu Lakukan Aksi Tolak Tambang Lewat Medsos

Danlanal juga mengatakan, tindakan cepat dengan mengamankan pelaku ke penjagaan Mako Lanal untuk menghindari pelaku dihakimi massa yang saat kejadian sempat terjadi keributan antara pelaku dan korban yang mengundang warga untuk berdatangan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). "Setelah kita lakukan pemeriksaan perihal yang terjadi, baru anggota kita mengetahui jika dari salah seorang merupakan pelaku curanmor dan kita pun langsung mengamankan tersangka dan barang bukti ke Pos Penjagaan Lanal. Selanjutnya menghubungi Polsek Kampung Melayu agar pelaku bisa diproses sesuai hukum yang berlaku," tuturnya.

Ia berharap, atas kejadian pencurian yang terus meningkat, dibutuhkan sinergitas antara TNI dan Polri. Terutama mengamankan wilayah Bengkulu dari setiap tindakan yang bisa merugikan dan meresahkan masyarakat. "Apa yang sudah kita lakukan ini juga merupakan instruksi dari KASAL, dan ini wajib dilakukan di masing-masing satuan kerja. Yakni Lanal Bengkulu."

Sekadar untuk diketahui, penangkapan pelaku curanmor ini, berawal dari kesigapan prajurit Lanal Bengkulu yang sedang melaksanakan tugas jaga di Pos Mako Lanal. Curiga melihat ada sepeda motor Yamaha Fino 125 milik korban bernama Akbar Okta Gunawan (24), warga Padang Serai Kota Bengkulu yang secara tiba-tiba berhenti di depan Mako Lanal Bengkulu. Kemudian prajurit Lanal menanyakan ke terduga pelaku berinisial DE (14). Saat itu terduga pelaku beralasan berhenti di depan Mako Lanal Bengkulu karena kehabisan bensin.

Namun, tidak berselang berapa lama, datang korban Akbar pemilik motor tersebut, dan terjadi keributan. Demi menjaga keamanan dan ketertiban, serta agar terduga pelaku ini tidak menjadi bulan-bulanan warga, prajurit Lanal Bengkulu mengamankan terduga pelaku curanmor ke Penjagaan Mako Lanal untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menghadirkan langsung anggota Kepolisian dari Polsek Kampung Melayu.(idn/Rls PEN WSP)

Tags :
Kategori :

Terkait