Ini Pesan Jokowi  Saat Menghadiri Dies Natalis UNS

Sabtu 12-03-2022,20:24 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, SURAKARTA - Tuntutan untuk bergerak cepat dan lincah menjadi tantangan kampus modern. Hal itu penting demi menghadapi perubahan zaman. Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan tersebut saat menghadiri Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) di Kota Surakarta kemarin (11/3).

Presiden Jokowi menjelaskan, saat ini pemerintah menyiapkan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Karena itu, dia mendorong perguruan tinggi, termasuk UNS, untuk ikut berubah dan bergerak cepat mengikuti dinamika tersebut. “Tapi, hati-hati tadi kapal besar karena dunia berubah begitu sangat cepatnya. Ilmu pengetahuan juga berkembang sangat cepat sekali,’’ tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, perubahan ilmu pengetahuan harus diikuti dengan program pendidikan yang dinamis, cepat, dan riset yang sesuai.

Dari penghitungan pemerintah, saat ini ada waktu dua tahun untuk menyambut bonus demografi. Karena itu, perguruan tinggi harus menyiapkan keilmuan tentang kecerdasan buatan, cloud computing, digital design, digital marketing, dan blockchain. ’’Semua barang ini apa, barang ini apa, harus kita miliki SDM-SDM itu,’’ jelasnya. (wan/c14/bay/JP)

Tags :
Kategori :

Terkait