Rp 11,2 Miliar DAK Pendidikan Mukomuko Dibelanjakan Online

Minggu 13-03-2022,22:45 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Pengadaan barang sarana informasi dan komunikasi (TIK) dan pengadaan alat laboratorium mata pelajaran IPA Fisika dan Biologi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko nyaris rampung. Pengadaan barang yang anggotanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) itu menggunakan mekanisme belanja online atau E-Katalog. Sebagai mana penuturan Kabid Dikdas, Arni Gusnita, S.Pd.AUD. "Sudah kontrak dengan CV. Pelita Edukasi. Tinggal nunggu barang dikirim," ucapnya kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Dijelaskannya, pengadaan barang dengan mekanisme E-Katalog di Dinas Pendidikan pada tahun 2022 ini mencapai Rp 11,239 miliar. Dengan rincian, pengadaan sarana TIK sebesar Rp 10,6 miliar, pengadaan alat laboratorium IPA fisika Rp 318 juta, dan pengadaan alat laboratorium IPA Biologi sebesar Rp 296 juta.

Dijelaskan Arni lagi, yang bakal menerima sarana TIK pada tahun ini yaitu sebanyak 81 Sekolah Dasar (SD) dan 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP). "Sementara untuk alat laboratorium IPA Fisika yang bakal menerima yaitu 12 SMP dan alat laboratorium IPA Biologi 12 SMP juga."

Ditambahkan Arni, pihaknya mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dengan mekanisme E-Katalog ini untuk mendorong percepatan serapan anggaran DAK di Pemkab Mukomuko. Selain itu, jika peralatan ini bisa cepat tiba di Mukomuko, juga bisa dimanfaatkan lebih cepat untuk kepentingan pendidikan.

"Kalau mekanisme E-Katalog inikan agak mudah. Jadi, kita lakukan lebih awal. Ini untuk serapan DAK kita juga. Kalau pekerjaan fisik dengan mekanisme lelang atau penunjukan langsung (PL) prosesnya memang agak panjang."

Ditanya progres DAK fisik pendidikan lain, Arni mengatakan saat ini sedang tahap perencanaan dan penyusunan KAK. Pihaknya menargetkan, Mei 2022 sudah mulai dikerjakan. "Mei mendatang target kita mulai kontrak dan mulai kerja. Baik itu pekerjaan fisik yang lelang atau yang penunjukan langsung."

Untuk diketahui, Disdikbud Kabupaten Mukomuko pada tahun 2022 ini menerima kucuran DAK mencapai Rp 37 miliar. Dan tersebut akumulasi DAK untuk PAUD, SD hingga SMP. Dari total DAK itu, Rp 10,6 miliar untuk pengadaan sarana TIK, Rp 614,4 juta untuk pengadaan alat laboratorium IPA. Sisanya untuk kegiatan fisik pembangunan gedung dan saran sekolah. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini