Kiprah Daarut Tauhid Peduli Cabang Bengkulu Patut Diapresiasi

Rabu 16-03-2022,15:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Daarut Tauhid (dt) Peduli adalah sebuah yayasan yang digawangi dan dipimpin langung oleh guru besar KH Abudllah Gymnastiar (Aa Gym). DT adalah sebuah lembaga amil zakat. Bergerak dalam bidang penghimpuanan dan penyaluran zakat infaq dan sedekah. Dt peduli bermula dari 25 tahun yang lalu di Bandung Jawa Barat. Dan alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 33 cabang termasuk di Bengkulu.

DT Peduli mengajak mengedukasi maupun memberikan informasi kepada masyarakat bahwa berinfaq, berzakat, bersedekah bisa lewat dt Peduli.

Lalu Kenapa harus ke DT ? Kepala kantor dt peduli Bengkulu, Mulyadi menuturkan, dt ini adalah sebuah lembaga, membayar zakat, infaq dan sedekah itu paling tepat lewat lembaga. Karena jika ke lembaga, lembaga akan lebih tahu untuk bagaimana optimalisasi dalam pengelolaan. Tidak akan disalurkan dalam sekali habis. Tapi dalam bentuk penyaluran sebuah program yang dapat berkelanjutan dan memiliki manfaat yang lebih besar. Dt peduli hadir di Bengkulu pertama kali pada 22 April 2021.

"Alhamdulillah kami sudah memiliki program pilar pendidikan dan dakwah. Dari bidang itu kami memiliki Baitul Qur'an tempatnya di Pekik Nyaring Bengkulu Tengah. Berdirinya Baitul Qur'an ini diawali dengan sinergitas DT peduli dengan Masjid Al Ikhlas namanya untuk penyaluran Qurban. Berumula dari itu, kami dapat tanggapan bagus dari pengurus masjid. Lalu kami sinergi program dan kami lihat waktu itu disana mereka memiliki potensi anak - anak yang banyak dan lingkungan yang bagus, tapi terkendala dengan program masjid yang kurang. Maka saat itu kami masuk dengan mendirikan Baitul Qur'an disana," katanya.

Untuk program pendidikan lain, sambung Mulyadi, dt peduli cabang Bengkulu juga bekerjasama dengan beberapa sekolah dengan menerapkan sistem MMQ (Majelis Taklim Manajem Qolbu).

Lewat program ini memberikan tausiah ke sekolah - sekolah satu pekan sekali, satu bulan sekali dan itu sudah rutin berjalan. Kemudian masih ada lagi dalam bidang pendidikan, kami juga telah bisa membantu masyakat kurang mampu untuk biaya pendidikan sekolahnya. Contoh beberapa waktu lalu ada anak yang terkendala biaya melanjutkan sekolahnya. Sudah kemana mana namun belum dapat bantuan. Maka Kami bantu lewat donatur khusus. Ada lagi beasiswa, dan ada anak Bengkulu yang kami sekolahkan di DT pusat untuk menjadi penghafal Qur'an.

Pada program ekonomi, alhamdulillah juga beberapa masyaraat kurang mampu di Bengkulu dapat program bantuan gerobak barokah dan penambahan modal usaha.

Kemudian dt ada juga program kesehatan. Dt Peduli Cabang Bengkulu juga sudah bekerjsama dengan Posbindu yang berada jauh dari kota. Karena masih banyak yang mebutuhkan, lansia, balita yang memberikan BMT dan layanan kesehatan gratis.

"Soal legalitas, dt peduli lengkap dan resmi" jelasnya. (ae2)

   
Tags :
Kategori :

Terkait