Optimis, Bengkulu Maju & Sejahtera Lewat Desa Wisata

Kamis 24-03-2022,22:01 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Plt. Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Almidianto, SE, MT sangat optimis dengan program desa wisata Bengkulu. Almidianto sangat meyakini desa wisata dapat menjadi mangnet daya tarik kunjungan wisatawan yang nantinya menjadi pengungkit ekonomi, menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat. Program desa wisata ini sangat selaras untuk mewujudkan Bengkulu maju, sejahtera dan hebat.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Almidianto mengatakan, langkah - langkah untuk membentuk desa wisata di Provinsi Bengkulu sudah dijalankan secara massif. Seperti hari ini (Kamis, 24/3), Dispar Provinsi Bengkulu melakukan kegiatan sosialiasi desa wisata. Melalui sosialisasi ini pemerintah menargetkan pengembangan dan pembangunan desa wisata.

"Sekarang ini desa wisata sedang trend atau populer. Kita mampu merespon itu. Karena, kita memiliki potensi alam, budaya kearifan lokal yang layak untuk dipasarkan menjadi sebuah destinasi desa wisata. Dengan karakteristik itu membuat kita optimis sekali. Kita sudah ada 223 Desa Wisata. Tahun ini kita targetkan pasti bertambah. Apalagi kita persiapkan desa wisata kita untuk mengikuti anugerah desa wisata Kemenparekraf tahun ini. Dan pula kita targetkan desa wisata Bengkulu masuk 50 desa wisata nasional," katanya.

Almidianto menuturkan, desa wisata ini adalah misi besar pemerintah sebagai pemicu kebangkitan ekonomi. “Kebangkitan Pariwisata ini dimulai dari desa wisata, dan kami ingin Desa Wisata hadir membuka peluang usaha, peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya. Program desa wisata bertujuan memajukan perekonomian perdesaan dan membangkitkan pendapatan masyarakat. Maka kebangkitan suatu desa dan masyarakat bisa lebih cepat dan lebih baik," katanya.

Sambung Almidianto, dalam pengembangan desa wisata, masyarakat setempat dapat melihat, mempelajari serta memaksimalkan potensi wisatanya. Kemudian bisa meningkatkan potensinya dengan membangun atau mengembangkan lokasi wisata tersebut. Potensi yang ada bisa dimanfaatkan seperti membuat souvenir suatu desa. Ada juga membuka tempat istirahat atau home stay maupun warung makan, sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa puas menikmati potensi wisata di lokasi tersebut.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu yang diwakili Asisten I, Ir. Fachriza Razie mengatakan, dewa wisata adalah peluang pertumbuhan ekonomi daerah. Menimbulkan peningkatan pendapatan masyarakat dan pada akhirnya dapat mengentaskan kemiskinan.

"Mari kita siapkan destinasi desa wisata yang akan kita tawarkan. Karena keberhasilan sektor pariwisata sangat dipengaruhi banyaknya jumlah destinasi wisata yang berkualitas serta berlandaskan kekuatan karakteristik yang ada, sehingga menjadi keunggulan yang kompetitif dalam bersaing" ucapanya.

Koordinator Perencanaan Destinasi Wisata Kemenparekraf RI, Endah Ruswanti, ST, MT, M.eng mengungkapkan apresiasi tinggi kepada penggerak desa wisata se Provinsi Bengkulu atas bergeraknya desa wisata. Desa wisata sekarang ini sebagai peluang baru. Lagi booming. Ini perlu kita tangkap dan respon cepat untuk ekonomi masyarakat.

''Kami harapkan desa wisata di Bengkulu dapat masuk nominasi dan menang pada Anugerah Desa Wisata akan dapat dukungan lebih dari kami," ujarnya.(ae2)

Tags :
Kategori :

Terkait