Semakin Berkualitas, Misi Besar Peningkatan Mutu UIN FAS Bengkulu

Sabtu 26-03-2022,10:15 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

  radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Universitas Islam Negeri  Fatmawati Sukarno atau UIN FAS Bengkulu semakin berkualitas. Dalam waktu dekat, ada beberapa target capaian, misi besar dalam peningkatan mutu akademik.

Peningkatan mutu itupun dilakukan secara massif, terencana dan terukur. Itu mulai dari dosen, karyawan, penambahan Program Studi (Prodi), penambahan fakultas hingga program pascasarjana Program Doktor (S3).

Seperti yang disampaikan oleh Rektor UIN FAS Bengkulu, Prof. Dr. KH. Zulkarnain, M.Pd melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Khairuddin, MA secara khusus kepada jurnalis radarbengkuluonline.com  kemarin.

Seluruh Dosen UIN Bengkulu Minimal S3

Dr. Khairuddin menyampaikan target yang akan dikejar dalam peningkatan mutu adalah meningkatkan kualitas dosen.

"Kami tengah merancang dan mempersiapkan agar seluruh dosen UIN FAS Bengkulu tidak adalagi yang pendidikannya hanya S2. Kami inginkan semua dosen disini minimal bergelar doktor. Kami pimpinan mendorong agar program ini segera terwujud, terealisasi dengan cepat. Ya target kami dalam waktu 10 tahun nanti secara bertahap semua dosen sudah jadi doktor. Mengejar target itu, kami pimpinan pun mendorong para dosen untuk bersemangat dan membantu mereka dalam mencarikan solusi agar cepat meraih gelar doktor. Pembinaan dan motivasipun sudah kita mulai," ujarnya.

Khairuddin menuturkan, bahwa semangat para tenaga pendidik di UIN Bengkulu sangat luar biasa. Ini dibuktikan dengan hampir 80 persen dosen UIN Bengkulu sedang menuju tahapan proses doktoral.

"Kamipun mendukung penuh soal izin belajar dan tugas belajar untuk S3. Di samping itu juga kami sudah menyiapkan Program Doktor di UIN Bengkulu," katanya.

Menargetkan 10 Guru Besar di 2022

Khairuddin juga menyampaikan, target besar yang akan dicapai UIN Bengkulu dalam tempo singkat ini adalah penambahan jumlah guru besar (Profesor). Penambahan pendidikan S2 dan S3 (Doktor) di UIN Bengkulu menimbulkan atmosfir baik, optimisme dan berdampak baik pada kualitas UIN Bengkulu.

Penambahan guru besar di UIN Bengkulu menjadi target utama sekaligus program kerja prioritas Rektor KH. Zulkarnain Dali. Seperti yang beliau sampaikan bahwa tahun 2022 ini akan ada beberapa tambahan guru besar. Sudah ada empat guru besar UIN Bengkulu. Prof Rohimin, Prof Sirajuddin, Prof Zulkarnain Dali dan Prof Dahlan yang belum lama ini sudah pindah. Dosen UIN Bengkulu menyusul Profesor yakni Dr. Asnaini, Dr Zubaedi, Dr. Imam Mahdi, Dr. Fatimah Yunus, Dr. Zubaedi, Dr. Andang, Dr. Syamsudin, Dr. Khairudin, Dr. Fauzan Amin, Dr. Qolbi Khoiri.

Juli, Buka Program Doktor Studi Keislaman & Penambahan Prodi S1

Masih berkaitan dengan peningkatan mutu, UIN Bengkulu terus gencar mengembangkan sayap. Pada Juli 2022 ditargetkan UIN Bengkulu telah membuka Program Doktor (S3) Studi Keislaman.

Wakil Rektor I UIN Bengkulu mengatakan, menyoal izin program Doktor Studi Keislaman semuanya sudah selesai. Sudah di BAN PT. Tinggal lagi menunggu surat rekomendasi BANPT. Izin-izinnyapun semua sudah. Terkait tenaga pengajar, Program Doktor Studi Keislaman ini sudah cukup. Karena syarat minimal S3 ini harus memiliki minimal 2 Profesor. Dan UIN Bengkulu punya syarat itu.

"Semua rumpun studi keislaman bisa masuk di program S3 Studi Keislaman. Misalkan saja Fiqih, Syariah, ekonomi dll," ujar Wakil Rektor.

Khairudin mengatakan, dengan segera dibukanya Program Doktor Studi Keislaman ini akan menambah pilihan Program S3 di UIN. Sebelumnya sejak 2016 UIN Bengkulu telah memiliki Program Doktor Pendidikan Agama Islam dan telah meluluskan sejumlah alumni.

Selain itu juga, dalam pengembangan UIN Bengkulu, pihak kampus juga akan segera melakukan pengembangan dengan menambahkan Program Studi baru di beberapa fakultas dan akan menambah fakultas baru. Seperti  Fakultas Psikologi dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains Teknologi dan Fakultas yang menjurus kepada pertanian dan perkebunan untuk menggarap dan memaksimalkan potensi daerah. (ae2)

Tags :
Kategori :

Terkait