Menghidupkan Al-Quran Dalam Kehidupan

Jumat 29-03-2024,01:30 WIB
Reporter : Adam
Editor : Azmaliar Zaros

Ketika amaliyah Ramadan dapat kita sempurnakan dan dianjurkan dengan ucapan serta sikap syukur kepada Allah SWT, maka Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan dan permohonan kita.

 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Imam Hasan Al Banna Ketika mengulas ayat ini mengatakan bahwa Allah SWT amat dekat kepada hamba-Nya pada bulan Ramadan. Tentang keistimewaan bulan Ramadan di sisi Allah ditegaskan sendiri oleh Allah SWT melalui hadist qudsi.

 

“Jika bulan Ramadan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan di belenggu, kemudian datang seorang penyeru dari sisi Allah yang maha benar, wahai pencari kejahatan, berhentilah ! Dan wahai pencari kebaikan, kemarilah!”(HR. Bukhari dan Muslim)

Pintu pintu surga dibuka karena manusia berbondong-bondong melaksanakan ketaatan, ibadah, dan taubat, sehingga jumlah pelakunya banyak. Setan-setan dibelenggu karena manusia beralih kepada kebaikan. Sehingga setan tidak mampu berbuat apa-apa.

 

Hari -hari dan malam-malam Ramadan merupakan masa-masa kemuliaan yang diberikan Allah SWT agar orang-orang yang berbuat baik menambah kebaikannya dan orang-orang yang berbuat jahat bertaubat dan memohon ampunan kepada-Nya.

Begitu juga kitab suci Al-Quran bahkan telah menjamin bagi orang berpijak diatasnya tidak akan tersesat selamanya. Allah Azza Wa jallah berfirman.

 

“Sesungguhnya Al-Quran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa bagi mereka ada pahala yang sangat besar.” (QS. Al-Isra’: 9)

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:  “Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara yang apabila berpegang kepadanya niscaya tidak akan tersesat selamanya, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah.”

 

Al-Quran mampu menjawab pertanyaan besar yang ada dalam setiap pikiran manusia. Min aina.. ilaa ainaa...limadzaa ? dari mana kita berasal ? Hendak ke mana ? Dan untuk apa kita hidup di dunia ini ?

Di dalam Al-Quran dipaparkan arah dan tujuan kehidupan, sejarah umut masa lalu dan prediksi (gambaran) kehidupan di masa depan, berbagai peristiwa-peristiwa besar dalam kehidupan dan seluruh yang dibutuhkan. Semuanya ada dalam Al-Quran.

Kategori :