Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Gelar Workshop Penguatan Ekosistem Ekonomi Kreatif

Selasa 09-07-2024,21:42 WIB
Reporter : Naura Qristina
Editor : syariah muhammadin

RADAR BENGKULU - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menggelar workshop fasilitas proses kreasi, produksi distribusi, konsumsi dan konservasi ekonomi kreatif dengan tema acara penguatan ekosistem ekonomi kreatif (Ekraf) melalui Bengkulu Creative hub yang dilaksanakan di Hotel Wilo Bengkulu, pada Selasa, 9 Juli 2024.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini  hingga 100 orang dari berbagai pelaku ekonomi kreatif.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, SP., M.Si., menyampaikan pentingnya sektor ekonomi kreatif dan harus selalu tumbuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita harapkan dengan adanya wadah ini dapat memberikan semacam wadah untuk melakukan komunikasi atau koordinasi pembinaan dan mensupport rekan-rekan yang 17 subsektor ekraf itu sehingga dapat berkembang dan maju," ujar Ketua Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar di Hotel Wilo, pada 9 Juli 2024. 

Kemudian, Murlin juga menambahkan bahwa mendukung ekonomi kreatif ini sendiri membutuhkan perhatian dan peran dari pemerintah itu sendiri.

"Disamping itu juga mungkin nanti kita butuh juga perhatian dan peran dari pemerintah yang terkait, jadi itu tugas-tugas kami dalam mengakomodir dan koordinir pelaku-pelaku usaha kreativitas dan creator yang tergabung dalam ekonomi kreatif," tambah Murlin.

 

Selain itu, ia berharap dengan dilantiknya pengurus Gekrafs dapat segera melaksanakan tugasnya untuk melakukan aksi-aksi yang sesuai dengan bidang tugas masing-masing sehingga tumbuh kembangnya Ekraf di Provinsi Bengkulu ini akan menjadi lebih baik.

 

Dalam kesempatan ini, Ketua DPW Gekrafs  Provinsi Bengkulu, Muhammad Ihsan Sobari, S.E, mengapresiasi sambutan dari Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu mudah-mudahan dengan adanya sinergitas antara Gekrafs dan Dispar bisa membangkitkan Ekonomi yang ada si Provinsi Bengkulu lebih baik.

 

"Untuk saat ini sudah ada 17 Anggota yang akan dilantik pada hari ini, lalu untuk membangkitkan ekonomi di provinsi Bengkulu ini sendiri tentunya kita tidak bisa bergerak sendiri, kita harus ada bersinergi dengan pemerintah sebagai pemangku kepentingan disini," ujar Muhammad Ihsan Sobari. 

 

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Heny juga menyampaikan bahwa ada 10 permasalahan yang belum banyak dilakukan untuk pengembangan ekonomi kreatif ini.

 

Kategori :