Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Bengkulu Menuju Kemajuan dan Keberlanjutan

Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Bengkulu Menuju Kemajuan dan Keberlanjutan

Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Bengkulu: Dorong Pelaku Usaha Kreatif Menuju Kemajuan dan Keberlanjutan-Naura -

 

radarbengkuluonline.id – Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu kembali menunjukkan komitmen serius dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif melalui penyelenggaraan Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif. 

Acara ini berlangsung di Hotel Santika Bengkulu pada Kamis, 12 September 2024, sebagai bagian dari program tugas pembantuan Tahun Anggaran 2024 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

BACA JUGA:Info Seleksi CPNS Mukomuko, Berkas 1.695 Peserta Diverifikasi dan 5 Formasi Tidak Ada Pelamar

BACA JUGA:1.839 Pelamar CPNS Bengkulu Masih Diverifikasi, 14 Formasi Masih Kosong Pelamar

Workshop ini diikuti sebanyak 80 peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. 

Mereka terdiri dari pelaku ekonomi kreatif dari berbagai sub-sektor, seperti kuliner, musik, kriya, fashion, seni pertunjukan, film animasi dan video, fotografi, media televisi, periklanan, seni rupa, desain produk, arsitektur, hingga desain komunikasi visual. 

Selain itu, workshop ini juga dihadiri oleh perwakilan dari kalangan akademisi, media, dan pengusaha lokal yang turut berperan aktif dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif.

Workshop ini mengusung tujuan besar yaitu mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif yang maju, berdaya saing, dan berkelanjutan di Bengkulu. 

Ekonomi kreatif sendiri merupakan konsep ekonomi modern yang menitikberatkan pada penggunaan kreativitas, inovasi, dan nilai intelektual dalam berbagai proses produksi dan distribusi barang serta jasa. 

Sektor ini diharapkan mampu menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus membuka peluang ekonomi baru di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, SP., M.Si., mengungkapkan pentingnya pelaksanaan workshop ini sebagai upaya membangun kompetensi pelaku usaha kreatif di daerah. 

 

“Kegiatan Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif sangat penting untuk dilakukan sebagai sarana pengembangan kreasi dan jaringan bagi para pelaku ekonomi kreatif di Bengkulu. Diharapkan, para peserta dapat memperoleh pengetahuan lebih dalam mengelola usaha mereka, meningkatkan kualitas serta kuantitas produk, dan menjaga keberlanjutan usaha yang dapat mendukung perekonomian masyarakat,” ujar Murlin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: