Jarang Diketahui! 5 Makanan Fermantasi Ini Dapat Meningkatan Kesehatan Usus dan Mencegah Kebotakan

Rabu 24-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Eka purnama sari
Editor : Syariah muhammadin

“Ini adalah makanan fermentasi, yang meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus Anda. Makanan ini mengandung serat yang efektif dalam meningkatkan bakteri baik, dan juga mengandung vitamin penting seperti vitamin A dan vitamin C,” kata Catherine.

Selain bermanfaat bagi kesehatan usus dan diet, kimchi juga terbukti dapat menebalkan rambut dan bahkan membalikkan proses kebotakan.

Dalam sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 2019, pria yang berada pada tahap awal penipisan rambut diminta untuk mengonsumsi kimchi dua kali sehari.

Setelah satu bulan, jumlah rambut meningkat dari rata-rata 85 hingga 90 rambut per sentimeter persegi, dan setelah empat bulan menjadi 92 rambut per sentimeter persegi. Kimchi tersedia di sebagian besar supermarket besar.

- Sauerkraut Ideal untuk pencernaan

Sauerkraut adalah kubis yang difermentasi. Sauerkraut diterjemahkan sebagai kubis asam dalam bahasa Jerman, tetapi hidangan ini pertama kali dikembangkan di Cina lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Seperti kimchi, asinan kubis mengandung probiotik dan vitamin A dan C, yang mendukung kesehatan saluran pencernaan.

Uji klinis telah menunjukkan bahwa sauerkraut dapat memperbaiki gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Penelitian lain menemukan bukti bahwa probiotik dalam makanan fermentasi seperti asinan kubis dapat membantu mencegah dan mengobati kanker payudara.

Kimchi dan asinan kubis adalah makanan antiinflamasi yang kuat dan penelitian pada manusia telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi secara teratur.

Makanan ini menurunkan kadar kolesterol, lemak tubuh dan gula darah serta mencegah perkembangan berbagai jenis kanker, terutama kanker usus besar dan kanker payudara.

Makanan ini juga mencegah penyakit jantung dan penyempitan arteri serta meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan metabolisme.

Sauerkraut dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan tiga bahan: kubis, air dan garam, dan tentu saja stoples.

Kubis yang difermentasi dapat ditambahkan ke dalam sandwich ham, dalam salad atau sebagai saus.

Kubis ini juga sering diberi label sebagai Polandia atau Bavaria di supermarket.

- Kefir - bagus untuk kulit

Kategori :