Demam Panggung, Begini Cara Mengatasinya

Rabu 28-08-2024,09:17 WIB
Reporter : Wawan
Editor : Azmaliar Zaros

radarbengkuluonline.id -- Demam panggung merupakan istilah untuk menggambarkan rasa cemas dan takut sebelum atau saat tampil maupun berbicara di depan umum.

Meski terkesan sepele, demam panggung yang dibiarkan berlarut-larut dapat menurunkan rasa percaya diri dan membatasi kemampuan diri. 

BACA JUGA:Ini Tips dan Trik Jitu Supaya Lulus Seleksi CPNS dan PPPK, Cek Disini Link Resmi SSCASN

BACA JUGA:Tips Untuk Ibu Baru Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Merawat Diri

 

Pada kasus yang berat, demam panggung bisa dianggap sebagai glossophobia. Yaitu, jenis fobia sosial yang membuat penderitanya selalu takut secara berlebihan saat berbicara di depan orang banyak.

Pada dasarnya, rasa cemas atau takut sebenarnya normal dialami ketika akan tampil di depan banyak orang. Misalnya saat tampil dimuka umum, saat menjadi pembicara, berpidato, bernyanyi, atau menunjukkan bakat. Kondisi ini dikenal dengan istilah demam panggung.

BACA JUGA:7 Tips Efektif Untuk Meningkatkan Kecantikan Pasca Melahirkan, Agar Terlihat Awet Muda

BACA JUGA:Ini 3 Kiat Tetap Cantik Pasca Melahirkan, Tipsnya Sederhana Namun Hasilnya Luar Biasa

 

Tidak hanya pada situasi yang nyata, sebagian orang yang demam panggung bisa mengalami gejala fisik dan psikis hanya dengan membayangkan tampil di depan sekelompok orang. 

Demam panggung seseorang akan seperti dalam keadaan bahaya dan mengalami beberapa gejala berikut ini, Denyut nadi dan napas cepat ,Pusing atau sakit kepala, Mulut kering Tangan, lutut, bibir, dan suara gemetar, Tangan berkeringat dan dingin, Kulit pucat atau memerah.

BACA JUGA:Paslon Bupati Mukomuko Edwar-Ruslan Daftar ke KPU Menggunakan Pakaian Adat

BACA JUGA:10 Tips Menjaga Kenyamanan Selama Kehamilan di Musim Panas

 

Kategori :