Demam Panggung, Begini Cara Mengatasinya

Rabu 28-08-2024,09:17 WIB
Reporter : Wawan
Editor : Azmaliar Zaros

Lalu, mual dan perasaan tidak nyaman di perut, sulit menahan buang air kecil.Gejala demam panggung sebenarnya masih terbilang wajar bila muncul hanya sesekali atau terjadi di awal penampilan saja. Seiring berjalannya waktu, orang yang mengalami demam panggung mulai terbiasa dengan diri dan lingkungannya.

Berikut tips untuk mengatasi demam panggung yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber : 

1. Mempersiapkan diri dengan banyak latihan

Agar bisa tampil percaya diri dan mengurangi gejala demam panggung, penting untuk mempersiapkan diri dengan melakukan banyak latihan.  

2. Mengonsumsi makanan yang tepat sebelum tampil. 

Tidak hanya mempersiapkan diri, memperhatikan asupan makanan sebelum tampil di suatu acara juga penting dilakukan. Tanpa disadari makanan bisa memberikan rasa nyaman saat seseorang merasa tertekan.

Anda bisa konsumsi makanan bergizi yang tidak bertepung. Seperti yoghurt, kacang hijau, brokoli, tomat, selada, atau mentimun. Selain itu, Anda juga perlu membatasi asupan kafein dan gula pada hari ketika Anda harus tampil. Karena asupan ini bisa memperburuk gejala kecemasan.

3. Mengalihkan rasa takut

Untuk mengalihkan rasa takut yang muncul karena demam panggung, cobalah menutup mata sebelum tampil. Bayangkan hal-hal positif, dan sebisa mungkin hindari pikiran negatif yang hanya menimbulkan rasa ragu pada diri sendiri.

Selanjutnya, tanamkan pada pikiran bahwa tidak ada orang yang sempurna, tidak ada yang mengharapkan Anda menjadi sempurna, tidak apa-apa bila membuat kesalahan, dan melakukan kesalahan bukan berarti menjadi akhir dari segalanya.

4. Melakukan latihan pernapasan

Salah satu cara untuk menenangkan diri adalah dengan latihan pernapasan. Untuk melakukannya, tutuplah mata dan hembuskan napas secara perlahan. Lalu berhenti selama 10 detik dan tarik napas panjang. Hirup udara sebanyak mungkin melalui hidung dan hembuskan melalui mulut.

5. Menggerakkan tubuh

Anda juga bisa mengatasi demam panggung dengan menggerakkan tubuh sebelum tampil. Misalnya berjalan, melompat-lompat, atau meregangkan tangan dan kaki. Hal bisa membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan rasa cemas yang muncul.

6. Berinteraksi dengan penonton

Agar tidak tegang saat tampil di depan umum, Anda bisa berinteraksi dengan penonton dan menganggap penonton sebagai teman akrab. Cobalah menjadi diri sendiri dan bila Anda berbicara diacara yang tidak formal. Anda bisa menyertainya dengan candaan.

Kategori :