Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Meredam Konflik Tapal Batas BS-Kaur

Jumat 06-09-2024,07:33 WIB
Reporter : Windi
Editor : Syariah muhammadin

Pengecekan ulang tapal batas tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal Desember 2024, setelah berakhirnya agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada bulan November.

Menurut Khairil, hal ini dilakukan agar tidak mengganggu jalannya Pilkada serta memberikan waktu yang cukup untuk persiapan teknis.

"Kita sepakat untuk melakukan pengecekan ulang pada 2 Desember 2024, setelah Pilkada selesai.Dengan begitu, kita dapat memastikan prosesnya berjalan lancar tanpa terganggu oleh agenda besar tersebut," jelas Khairil.

Lebih lanjut, Khairil menekankan bahwa proses pengecekan titik koordinat tapal batas ini akan melibatkan BPN secara penuh.

Menurutnya, BPN memiliki peralatan dan keahlian khusus yang diperlukan untuk menentukan posisi koordinat secara akurat.

"Pengecekan tapal batas bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan. Hanya BPN yang memiliki alat dan kemampuan untuk menentukan titik koordinat dengan tepat," tambahnya.

- Harapan Penyelesaian Tanpa Konflik

Khairil berharap pengecekan ulang ini akan mengakhiri polemik batas wilayah yang selama ini menjadi perhatian masyarakat di kedua kabupaten.

Ia menegaskan, tujuan dari pengecekan tersebut bukan untuk mengubah peraturan yang telah ada, melainkan untuk memastikan bahwa pilar atau patok batas wilayah sesuai dengan titik koordinat yang telah ditentukan.

"Kita ingin mengakhiri keraguan masyarakat terkait batas wilayah ini. Sesuai arahan Gubernur Rohidin agar penyelesaian tapal batas antara BS-Kaur diselesaikan dengan baik tanpa memicu konflik di lapangan," kata Khairil optimistis.

Kategori :