Menjaga Diri dan Keluarga Dari Neraka

Jumat 20-09-2024,00:04 WIB
Reporter : Adam
Editor : Azmaliar Zaros

Maka, untuk menghadapi kehidupan akhirat persiapan kita adalah saat ini. Keselamatan kita  nanti bergantung dengan jalan yang kita pilih. Apakah mengambil jalan berliku mengikuti tuntunan iblis, setan dan hawa nafsu ataukah berjalan diatas jalan Al-Qur'an, jalan nabi Muhammad SAW dan orang -orang solih.

Sebagai seorang muslim harus disadari bahwa orang tua memiliki tugas lebih untuk menjaga anak-anaknya dan mereka yang berada dalam tanggung jawabnya agar selamat diakhirat  nanti.

 

Mengenai hal ini Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan akan ditanya tentang tanggung jawabnya."  (Hadits  shahih, Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

 

Anak merupakan amanat yang menjadi tanggung jawab kedua orang tuanya, mengarahkan mereka agar berjalan dijalan kebajikan dan keimanan menjadi salah satu ikhtiar agar mereka dapat  mempersiapkan diri mereka sehingga mereka selamat dari dahsyatnya api neraka.

Selain itu, anak juga  merupakan ladang amal. Bahkan investasi bagi kedua orang tuanya. Bila ia baik, maka anak menjadi  investasi yang membawa kebaikan dan sebaliknya apabila dia tidak baik, juga akan berdampak buruk  bagi kedua orang tuanya. Maka menjaga ahli keluarga dari api neraga hendaknya mejadi suatu yang harus diprioritaskan.

 

Hal ini juga dijelaskan dalam alquran yang artinya :

'' Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang  keras,  yang tidak mendurhakai Allah SWT terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.''

 (at Tahrim: 6).

 

Mengenai ayat ini Ad-Dhahak dan Muqatil yang keduanya merupakan ahli tafsir menjelaskan  bahwa menjaga keluarga merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim.

Dan kewajiban ini berbentuk  kewajiban seorang muslim untuk mendidik keluarga dan mereka yang ada dalam tanggungannya agar  mengetahui hal-hal yang halal dan diperintahkan dan apa-apa yang haram dan dilarang.

 

Kategori :

Terkait

Senin 17-06-2024,20:38 WIB

Keteladanan Keluarga Nabi Ibrahim AS

Minggu 28-01-2024,11:14 WIB

Harapan Keluarga