Hasil Survei LSI untuk Paslon Gubernur Bengkulu tahun 2024, Helmi Hasan-Mian dan Rohidin-Meriani

Senin 23-09-2024,09:27 WIB
Reporter : windi junius
Editor : syariah muhammadin

Responden merasa bahwa pasangan ini lebih meyakinkan dalam menjelaskan bagaimana visi dan misi mereka dapat diterapkan secara nyata untuk memajukan Bengkulu.

Di sisi lain, Hanggoro mengungkapkan bahwa isu sensitif seperti pribumi dan non-pribumi tidak lagi menjadi faktor dominan di Bengkulu. Berdasarkan hasil survei, masyarakat Bengkulu lebih terbuka dan tidak terpengaruh oleh isu tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa masyarakat di Provinsi Bengkulu sudah teredukasi dengan baik. Mereka lebih fokus pada kebijakan dan program, ketimbang mempersoalkan latar belakang calon pemimpin," terang Hanggoro.

Kendati survei menunjukkan keunggulan pasangan Helmi-Mian, Hanggoro mengingatkan bahwa masih ada waktu dua bulan menjelang pemilihan, sehingga dinamika dukungan bisa saja berubah. Hasil survei ini mencerminkan kondisi pada saat survei dilakukan, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya perubahan preferensi pemilih.

"Dalam dua bulan ke depan, kemenangan masih akan sangat bergantung pada seberapa optimal masing-masing pasangan bekerja untuk menarik dukungan. Kerja politik yang intensif serta partisipasi pemilih di basis masing-masing pasangan akan menjadi penentu utama," pungkas Hanggoro.

Sementara itu Juru bicara pasangan Rohidin Mersyah dan Meriani, yakni Usin Abdisyah Putra Sembiring, menyatakan menghormati hasil survei tersebut dan tim Rohidin tidak terlalu mempermasalahkan hasil tersebut. Karena Tim Romer terus melakukan kunjungan nyata kepada masyarakat.

"Kita hormati hasil survei tersebut. Karena setiap survei melakukan metodenya masing-masing. Apakah pertanyaan itu langsung atau tertutup," katanya.

Hasil survei itu memberikan semangat kepada tim Romer untuk terus mencari dukungan dan Tim Romer  tetap berkeyakinan hasil akhir pada 27 November mendatang Romer akan menang.

"Itukan hasil survei kalau pemilihan dilakukan besok. Hasil akhirnya nanti di 27 November Rohidin dan Meriani akan menang," ucap Usin penuh keyakinan.

Selanjutnya Usin juga menyampaikan bahwa visi dan misi kandidat harus mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Bengkulu untuk mendukung Indonesia Emas 2045.

Maka sudah cocok kalau Rohidin Mersyah melanjutkan programnya pada kepemimpinan ke periode ke dua ini.

"Visi dan misi kandidat harus mengacu pada RPJPD yang sudah ditetapkan dan RPPD ini kan berpendoman dengan RPJPN, untuk mendukung Indonesia Emas 2045," ujar Usin (wij)

Kategori :