Benarkah Lemon Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Jumat 18-10-2024,20:01 WIB
Reporter : Naura Qristina
Editor : syariah muhammadin

 

Minum air lemon dapat meningkatkan hidrasi, yang penting dalam mendukung metabolisme tubuh secara keseluruhan. 

 

Saat tubuh terhidrasi dengan baik, proses metabolisme menjadi lebih efisien, sehingga membantu dalam proses pembakaran kalori. Namun, lemon itu sendiri bukanlah pembakar lemak alami.

 

3. Efek Pektin dalam Lemon

Salah satu klaim yang paling umum adalah bahwa serat pektin dalam lemon dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar. 

Pektin adalah jenis serat larut yang dapat membantu memperlambat pencernaan, membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

Namun, pektin dalam jus lemon tidak terlalu tinggi. Untuk mendapatkan manfaat pektin, Anda harus mengonsumsi lemon dalam bentuk utuh, termasuk kulitnya, yang tidak lazim dilakukan dalam pola makan sehari-hari.

4. Lemon dan Metabolisme

BACA JUGA:Susah Menaikan Berat Badan? Coba 5 Olahraga Berikut Ini, Dijamin Auto Gak Kurus Lagi

BACA JUGA:Belum Banyak Yang Tahu, Kebutuhan Air Minum Itu Berdasarkan Berat Badan

Beberapa orang percaya bahwa lemon dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada gilirannya membantu dalam membakar kalori lebih cepat. 

Meski air lemon dapat membantu metabolisme berjalan lancar dengan cara menjaga hidrasi, tidak ada bukti kuat bahwa lemon secara khusus mempercepat metabolisme.

Fakta yang lebih mendukung adalah bahwa air lemon dapat menggantikan minuman manis yang tinggi kalori, seperti soda atau jus buah dengan tambahan gula. 

 

Kategori :