Budidaya Melon Premium Hidroponik Berhasil Dikembangkan Mahasiswa Unib di Halaman Rumah

Selasa 22-10-2024,04:00 WIB
Reporter : Riski Rahma
Editor : Azmaliar Zaros

radarbengkuluonline.id — Seorang mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Universitas Bengkulu (Unib) Said Agil, berhasil memanfaatkan program Bantuan Mahasiswa Wirausaha (BMW) untuk mengembangkan budidaya melon premium hidroponik yang ia beri nama KITOPONIK.

Usaha ini dimulai sejak akhir 2023 di halaman rumahnya yang berlokasi di jalan TNI Boerhan Dahri, Pekan Sabtu No.13, Bengkulu dengan bahan-bahan sederhana, seperti bambu.

BACA JUGA:Mahasiswa UIN Bengkulu, Bisnis dan Pendidikan Bisa Berjalan Beriringan

BACA JUGA:Coming Soon ISC Pramuka UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Ayo Buruan Daftar!

 

Said Agil menjelaskan, motivasi awalnya adalah menggabungkan hobi bertanam dengan rencana bisnis yang berpotensi menguntungkan.

“Saya memulai menanam melon ini karena tertarik dengan budidaya tanaman, dan kebetulan ada program BMW dari kampus yang mendukung ide usaha ini. Usaha ini juga sekaligus menjadi tambahan penghasilan sambil tetap kuliah,” ujarnya kepada RADAR BENGKULU, Senin, 21 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ini Dia Kiat-Kiat Alvi Nurisa, Mahasiswa UINFAS Bengkulu Sampai Bisa Hafal Al-quran Sebanyak 11 Juz

BACA JUGA:Dipimpin Rektor, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Gelar Haflah Khotmil Qur'an Ma'had Al-Jami'ah

 

Dengan menggunakan teknik hidroponik substrat dan irigasi tetes otomatis, budidaya melon ini dilakukan di dalam greenhouse, sehingga tanaman lebih terlindungi dari hama dan residu pestisida pun sangat minim. Hal ini menjadikan melon yang dihasilkan lebih sehat dan berkualitas.

“Kami menggunakan pupuk ab mix yang merupakan pupuk sintetis, tapi sangat efektif dan mudah diserap oleh tanaman, sehingga hasil panen juga bagus,” jelasnya.

BACA JUGA:Buruan Daftar, UINFAS Bengkulu Akan Gelar Pemilihan Duta FUAD

BACA JUGA:Besok, HMPS KPI UINFAS Bengkulu Selenggarakan Nobar dan Diskusi Film Kutukan Nikel

 

Kategori :