39 Pejabat Diuji Kemampuannya, Malu Kalau Nyontek

39 Pejabat Diuji  Kemampuannya, Malu Kalau Nyontek

RBO, BENGKULU - Guna meningkatkan kinerja jajaran pejabat OPD Pemprov maka kemampuannya diuji. Kemarin 39 pejabat mulai mengikuti rangkaian ujian itu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Seketaris Daerah Pemda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti kemarin Kamis (13/12) di Gedung Pemprov Bengkulu.

Namun ada 6 Kepala OPD yang tidak mengikuti pelaksanaan tersebut dikarenakan jabatan masih kosong, atau masih berstatus pelaksana tugas. Tentunya pelaksanaan ini setelah diketahui jelang pelantikan Gubernur definitif yang dilaksanakan beberaapa waktu lalu.

Tampak pantauan jurnalis kemarin pelaksanaan lancar tanpa kendala sedikit pun. Dalam hal ini Gubernur Bengkulu Dr drh H Rohidin Mersyah MMA menerangkan agar meningkatkan kualitas kinerja. Pemda Provinsi Bengkulu melakukan evaluasi jabatan, dengan membuka uji kompetensi yang dilaksanakan oleh para pejabat jajaran eselon II tak terkecuali para asisten di Setda Pemda Provinsi Bengkulu.

"Ini evaluasi menyeluruh terkait kinerja pejabat OPD di Pemda Provinsi Bengkulu, untuk khsusus eselon II. Dikarenakan masa jabatan sudah cukup lama, memang tahapan evaluasi itu minimum dua tahun harus dilaksanakan sesuai jabatan yang ditempati sekarang. Tes melalui tim pansel khusus juga dalam mekanismenya ada tes wawancara juga. Tim asesment juga dilibatkan oleh perguruan tinggi," terangnya.

Pelaksanaan juga menghadirkan para asesor dari perguruan tinggi dan tim panitia pelaksana dari Pemda Provinsi Bengkulu yang menilai uji kompetensi tersebut. Sementara itu, pelaksanaan akan berlangsung selama 3 hari. Namun jika masih tetap berlangsung akan diperpanjang pada Senin (17/12) mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti, M. Si mengatakan materi diberikan oleh para tim penguji. Selain itu, para peserta mengerjakan materi sesuai apa yang selama ini sesuai dengan tugas selama menjabat dua tahun.

"Tidak ada yang mencontek, itu kinerjanya mereka masing masing. Jika mereka melaksanakan perkerjaan dengan sesuai maka pasti bisa mengerjakan tes tersebut. Itu apa yang dikerjakan mereka selama dua tahun ini," ujar Diah yang ikut serta pada Uji Kompetensi tersebut.

Sementara itu, Ahyan Endu selaku Kepala ESDM Pemda Provinsi Bengkulu mengakui siap menjalankan tes materi tersebut.

"Kita ikuti aja apa yang diharapkan dengan kegiatan ini. Tentu akan diambil oleh penilaian dari para peserta. Apalagi beliau (Gubenur.red) sudah defintif, ini mungkin melihat kinerja para pembantu beliau selama ini. Saya persiapan biasa aja, kalau bidang kita sudah kita pahami betul," imbuhnya. (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: