Jalan Amblas, Ribuan Warga 13 Desa Terancam Terisolir

Jalan Amblas, Ribuan Warga 13 Desa Terancam Terisolir

RBO, BENTENG - Ribuan Warga yang berdomisili di 13 Desa yang berada di Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Benteng terancam terisolir.

Pasalnya, ruas jalan alternatif yang berada diantara Desa Kelindang dengan Desa Pungguk Beringin Kecamatan Merigi Kelindang amblas dan butuh perhatian dan penanganan segera. Hal ini disebabkan curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Bengkulu Tengah sejak Rabu malam (24/4). Dampak hujan tersebut membuat lebar ruas jalan alternatif Bengkulu-Kepahiang itu hanya tersisa 1 meter akibat amblas.

Kades Pungguk Beringin, Ujang Japran menjelaskan, amblasnya jalan tersebut diduga disebabkan struktur tanah yang dilintasi derasnya air hujan tidak mampu menahan debit air yang besar. "Harapan kami pemerintah daerah dapat secepatnya memperbaiki jalan lintas yang amblas itu, karena jika terlalu lama dibiarkan maka warga yang berdomisili disekitar lokasi dapat terisolir, bukan hanya itu perekonomian masyarakat juga dapat terganggu," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Benteng, Tomi Marisi menerangkan, amblasnya jalan lintas milik Pemprov Bengkulu tersebut telah disampaikan ke pihak Pemprov Bengkulu. "Dibutuhkan alat berat seperti eksavator untuk mengatasi amblasnya jalan tersebut, kita sudah menyampaikan hal ini kepada Dinas PUPR Benteng dan BPBD Provinsi Bengkulu," terangnya.

Disisi lain, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diiginkan, BPBD memasang topang dari batang kayu dibagian bawah jalan yang amblas, serta diberi garis polisi, kini hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melintasi jalan tersebut. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: