Ponpes dan Warga Tunggang Kebanjiran, Diduga Gegara Proyek Mangkrak

Ponpes dan Warga Tunggang Kebanjiran, Diduga Gegara Proyek Mangkrak

RBO  >>>  MUKOMUKO  >>>   Senin (8/7) tadi  nyaris seluruh wilayah Kabupaten Mukomuko diguyur hujan deras. Khususnya di wilayah Kecamatan Pondok Suguh. Akibat hujan deras ini anak sungai yang berada di desa Tunggang yang tepat berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Amal meluap sampai ke rumah warga dan asrama santri Ponpes tersebut.

Dari pantauan RBI di lapangan, setidaknya ada empat rumah warga sudah terendam banjir serta satu asrama juga terimbas luapan anak sungai ini. Terpantau juga puluhan santri wati telah mengamankan barang-barang milik mereka ketempat yang lebih aman.

Menurut penuturan warga, banjir ini termasuk yang pertama terjadi di wilayah tersebut. Selama ini bisa dikatakan jarang terjadi luapan sungai sampai ke rumah warga yang tingginya mencapai kurang lebih setengah meter.

"Jarang pak. Mungkin bisa dikatakan ini yang pertama," kata Aldi (35), warga setempat.

Ia menduga, penyebab meluapnya anak sungai yang berada di Desa Tunggang ini lantaran aliran sungai tidak lancar saat melewati bawah jembatan di badan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang gagal diselesaikan pekerjaannya tahun lalu.

"Di bawahnya itukan masih banyak tiang-tiang kayu. Mungkin ada sampah nyangkut, jadi air tidak lancar. Maklumlah pak, ini proyek gagal," bebernya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: