GOW Kota Bengkulu Buka Pelatihan Membatik

GOW Kota Bengkulu Buka Pelatihan Membatik

Dian:  Kita Dukung Program Motif HD

RBI, BENGKULU – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bengkulu melakukan pendidikan pelatihan membatik UMKM.    Kegiatan ini mengambil tema, ’’ Meningkatkan Sumber Daya Manusia, Khususnya Perempuan Melalui Inovasi Pengembangan UMKM  agar bisa bersaing secara global ‘’ yang diadakan selama 2 hari. Mulai Kamis (22/8) dan Jumat (23/8). Hari pertama dilakukan pelatihan di Hotel Raffles Bengkulu dengan menghadirkan narasumber selaku pemateri dari UMKM yang telah berkompeten di bidang  membatik di Kota Bengkulu.

Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan. Pelatihan ini manyoritas diikuti  oleh kaum hawa  dari kalangan anak muda  milenia  Kota Bengkulu  yang memiliki keinginan kuat mengembangkan bakat , terutama dalam membatik.

      Ketua GOW Kota Bengkulu, Dian Fitriani Wahyudi dalam memberikan sambutan mengatakan, batik adalah warisan  budaya yang harus dikembangkan dan dijaga bersama.

‘’ Batik merupakan warisan budaya bangsa yang harus terus kita lestrikan. Dampak positif dari membatik pun sangat besar dalam memajukan  suatu daerah. Bahkan menjadi satu ciri khas daerah tersebut,’’ bebernya.

  Bukan hanya itu, saat ini terkhususnya Kota Bengkulu, kita harapkan bisa mengembangkan batik kain besurek  dengan motif HD agar bisa menjadi ciri khas Kota Bengkulu sendiri. ’’ Ya, ini bentuk dukungan GOW terhadap Pemerintah Kota. Dalam setiap program Pemkot, GOW siap mendukung. Sama seperti batik Kain Besurek dengan motif HD ini, kita kan dukung sepenuhnya dan bentuk dukungan ini, ya kita lakukan pelatihan seperti saat ini.’’

 Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi SE.MM, yang membuka acara  ini berharap, kualitas dan motif  batik besurek agar bisa ditingkatkn  dan dikreasikan sesuai  kondisi saat ini. Seperti motif –motif kekinian  jaman NOW .

‘’ Dari kegiatan ini kita harapkan muncul ide- ide segar  untuk mengembangkan  industri  batik di Kota Bengkulu ke depanya. Apalagi yang mengikuti pelatihan ini semuanya anak muda  yang kita yakini memiliki ide segar untuk pengembangan batik kita, ’’ jelas Dedy.

Dan juga diharapkan untuk Kota Bengkulu  memiliki ciri khas tersendiri batik kain besureknya , agar jadi ciri khas Kota Bengkulu .(ae3/prw)

     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: