Kata Gubernur Bengkulu, Petani Milenial Menjadi Kunci Keberhasilan Suatu Daerah

Kata Gubernur Bengkulu, Petani Milenial Menjadi Kunci Keberhasilan Suatu Daerah

Gubernur Bengkulu Dorong Petani Milenial untuk Berinovasi, Transformasi Pertanian Jadi Kunci-Windi-

 

Radar BengkuluGubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, secara resmi mengukuhkan Badan Pengurus Wilayah Duta Petani Milenial Andalan (BPW DPM-Andalan) Provinsi Bengkulu di Balai Raya Semarak, Jumat (20/9). Acara yang penuh semangat ini juga turut dihadiri oleh perwakilan DPMA Pusat, Kepala Dinas TPHP Provinsi, serta mahasiswa pertanian dari berbagai universitas di Bengkulu.

Gubernur Bengkulu berharap pada petani milenial mampu berinovasi sehingga kunci keberhasilan di bidang pertanian bisa diraih.

BACA JUGA:Bupati Gusnan Tinjau Lokasi Tapal Batas Wilayah Bengkulu Selatan - Kaur yang Bermasalah

BACA JUGA: Petani Gagal Panen dan Gagal Tanam Didata Dinas Pertanian Kabupaten Kaur

Rahmadi terpilih sebagai Koordinator Wilayah DPM-Andalan, membawa harapan baru bagi transformasi pertanian di daerah ini.

Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin menegaskan pentingnya perubahan cara pandang masyarakat terhadap profesi petani, terutama di era teknologi saat ini.

Menurutnya, para petani milenial harus mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

BACA JUGA:Rohidin Mersyah Anak Petani yang Tidak Akan Ingkar Janji Untuk Sejahterakan Para Petani

"Petani saat ini harus bertransformasi, tidak hanya sekadar mengolah lahan, tetapi juga mengembangkan produk pangan berkualitas tinggi yang memiliki nilai pasar lebih baik," ujar Rohidin dengan penuh optimisme.

Ia mencontohkan bagaimana daun singkong, yang biasanya hanya dijual seharga Rp 2.000 per ikat, dapat diolah menjadi rendang daun singkong dan dijual hingga Rp 35.000.

Inovasi ini, lanjutnya, adalah bukti bahwa sektor pertanian memiliki potensi besar jika dimaksimalkan dengan cara yang kreatif.

"Inovasi semacam ini adalah jalan yang harus ditempuh oleh petani milenial, dengan mengubah hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah," tambahnya. Sebagai lulusan terbaik Pasca Sarjana IPB, Rohidin berbicara dengan kepercayaan penuh mengenai masa depan pertanian modern di Bengkulu.

Selain itu, Gubernur juga mengisahkan pengalamannya saat berkumpul di Ibu Kota Nusantara (IKN), mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: