Gratis, Ribuan Buku Tersaji bagi Masyarakat di Perpustakaan Daerah

Gratis, Ribuan Buku Tersaji bagi Masyarakat di Perpustakaan Daerah

Siti : Ayo Membaca, Jadikan Ilmu Pengetahuan

RBO  >>>   BENGKULU   >>>   Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan (Pusda) Kota Bengkulu, Hj. Siti Janaini S.H, M.H mengimbau kepada masyarakat Kota Bengkulu supaya rajin membaca buku. Karena buku merupakan gudangnya ilmu pengetahuan. Bila tidak sering mengasah mata dan pikiran, maka akan cepat mengalami penyakit pikun (kelupaan).

Pusda Kota yang berlokasi Kelurahan Lempuing itu, memfasilitasi bacaan buku yang berkualitas bagi masyarakat Kota Bengkulu. Baik itu kalangan pelajar, mahasiswa, bahkan orang dewasa yang sudah bekerja.

"Alhamdulillah, respon masyarakat dengan adanya Pusda Kota, antusiasnya cukup baik. Hanya saja lebih dominan yang kesini para pelajar. Baik itu SD, SMP , SMA dan perguruan tinggi swasta dan negeri," ujar Siti Janaini pada RADAR BENGKULU, kemarin.

Tahun 2018 kemarin, pihaknya mendapat bantuan berupa buku dari Dinas Perpustakaan RI sebanyak 1.896 dari berbagai jenis buku. "Semenjak kami bertransformasi menjadi Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kota Bengkulu, dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot), kami diberi amanah yang luar biasa bisa punya gedung sendiri, letak kantor kami areanya sangat strategis dekat dengan pemukiman warga dan dekat dengan Pantai Panjang," ungkapnya.

Pusda Kota Bengkulu ini buka setiap hari Senin - Jumat dari pukul 08.00 - 16.00 WIB. Fasilitas buku yang tersedia disana sudah sangat baik. Tempatnya sejuk dan dingin. Jadi tak heran, jika mengunjungi Pusda akan merasakan sensasi sejuk, nyaman dan dingin semakin menambah semangat masyarakat untuk membaca buku. " Buku yang ada disini, bukan hanya khusus untuk para pelajar saja. Tapi buku untuk kalangan umum juga ada. Misalkan, tentang cara membibit ikan lele, bercocok tanam, menjahit dan masih banyak lagi," bebernya.

Untuk masyarakat Bengkulu yang belum membuat kartu perpustakaan, syaratnya sangat mudah. Hanya membawa foto copy KTP. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun alias gratis. "Ribuan buku disini tersaji untuk masyarakat Kota Bengkulu. Karena itu, rugi sekali jika masyarakat tidak membaca buku di perpustakaan. Padahal gratis," tutupnya. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: