Sepakat Dana Pilkada Rp 20,750 M

Sepakat Dana Pilkada Rp 20,750 M

RBO, KEPAHIANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang sepakat dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Rinciannya, khusus untuk KPU Rp 20,750 Miliar, Bawaslu Rp 8,150 Miliar, dan untuk Keamanan TNI dan Polres Rp 2,3 Miliar. Kesepakatan tersebut berdasarkan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM di gedung DPRD Kepahiang Selasa,(1/9).

Diungkapkan Sekda, sesuai dengan peraturan KPU penandatanganan NPHD terakhir harus dilakukan 1 Oktober 2019. Sekarang sekira pukul 11.30 WIB NPHD sudah disepakati dan sudah ditandatangani. “Jadi untuk anggaran pelaksanaan Pilkada sudah tidak ada masalah lagi. Pilkada Kabupaten Kepahiang berjalan dengan lancar, dana sudah tersedia dengan cukup, sudah koordinasi sesuai dengan usulan, paling ada rasionalisasi anggaran sedikit,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, S.Sos mengatakan, sesuai dengan jadwal PKPU tanggal 1 Oktober penandatanganan NPHD sudah dilakukan. “Paling lambat penandatanganan NPHD hari ini (kemarin red). Alhamdulillah penandatanganan NPHD sudah kita lakukan,”ungkapnya.

Selanjutnya kata Mirzan, pihaknya segera membuka rekening penampung dana hibah yang berdasarkan Nomor NPHD kemudian tahapan-tahapan selanjutnya. “Setelah pembukaan rekening penampung dana hibah, kita berencana akan mencairkan dana Rp 250 Juta yang dianggarkan dalam APBD Perubahan 2019. Dan dana tersebut digunakan untuk kegiatan kita ditahun 2019 ini,”demikian.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: