LPPM IAIN Gelar Bimbingan Teknis dan FGD Outcome Penelitian Dosen

LPPM IAIN Gelar Bimbingan Teknis dan FGD Outcome Penelitian Dosen

RBO  >>>  BENGKULU  >>>   Kegiatan Bimbingan Teknis dan FGD Outcome Penelitian Dosen IAIN Bengkulu Tahun 2019 yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyatakat di Gedung Pelatihan IAIN Bengkulu yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Samsudin, M.Pd. Ketua LPPM Dr. Mus Mulyadi, M.Pd, Sekretaris LPPM, dan Kepala Pusat  Bimbingan teknis dan FGD Outcome penelitian merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan keahlian bagi peneliti dalam menkonversi hasil penelitian ke buku dan jurnal ilmiah terakreditasi nasional ataupun internasional.

Ketua LPPM IAIN Bengkulu menjelaskan, sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan pentunjuk teknis penelitian dosen yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, dan dengan perkembangan sistem pelaksanaan penelitian, pelaporan dan tuntutan manfaat dari hasil peneltian, adanya kewajiban keluaran penelitian berupa outcome penelitian itu sendiri.

Dijelaskan pula, sejak tahun 2017, keluaran penelitian dituntut memberikan outcome berupa publikasi artikel hasil penelitian ke jurnal berkala ilmiah, ataupun penerbitan buku hasil penelitian. Kenyataan ini membawa pada peningkatan persaingan publikasi hasil penelitian.

Bimbingan Teknis dan FGD ini diisi oleh narasumber Dr. Uwes Patoni Dosen UIN Sunan Jati Bandung yang juga merupakan Ketua Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Korda Bandung dengan materi, Konversi dan Publikasi Hasil Riset ke Artikel Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional. Dr. Suwendi, M.Ag Kasubdit Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat materi dengan materi kebijakan dan Regulasi Penelitian Kementerian Agama Dr. Ngainun Niam, Ketua LP2M IAIN Tulung Agung Jawa Timur dengan Materi Konversi hasil Penelitian ke Buku ISBN, serta Prof. Dr. Istandi , S.T, M.T dari Universitas Diponogoro Semarang, Editor In Bulletin of Chemical Realation Engneering & Catalysis) dengan materi cara menilai dan memilih Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi.

Bimbingan teknis ini dikuti oleh 85 orang peserta dosen yang mendapatkan penelitian 2019 Bimbingan Teknis dan FGD ditutup oleh Ketua LPPM IAIN Bengkulu, Dr. Mus Mulyadi, M.pd.(Mg-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: