KMPL Adakan Workshop Jurnalistik

KMPL Adakan Workshop Jurnalistik

RBO  >>>  BENGKULU  >>>   Komunitas Mahasiswa Peduli Literasi (KMPL), Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu menyelenggarakan kegiatan workshop jurnalistik yang bertema Media Informasi Sebagai “Komoditi Primer” Urgensi Literasi di Kalangan Akademisi di aula Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu. Acara ini dihadiri 22 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Bengkulu. Antara lain, Universitas Bengkulu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Acara dimulai dari pukul 08.30 sampai 12.00 WIB. Materi pertama yang bertemakan “Pendayagunaan Media Informasi Dari Sisi Ekonomi” disampaikan oleh Direktur Bengkulu Ekspress Sukatno, disesi kedua materi yang bertemakan “Pengaruh dan Dampak Media Informasi pada Perilaku Masyarakat, Politik dan Pasar” yang disampaikan oleh Azhar Marwan. Disesi yang ketiga materi yang bertemakan “Konstruksi Budaya Literasi, Mempertajam Sikap Kritis dan Situasional pada Akademis” disampaikan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Zacky Antoni.

Ketua panitia pelaksana, Deka Ihwan Padana mengatakan, bahwa berkaca dari situasi mahasiswa sekarang kepedulian akan literasinya masih sangat kurang. ‘’Dari keresahan itulah kami membuat acara workshop jurnalistik ini dengan harapan mahasiswa bisa lebih paham tentang media informasi, dan di balik media informasi tentu ada sisi ekonominya, serta berikan edukasi kepada kawan-kawan mahasiswa agar bisa mencerna, dan memilah berita-berita yang tersebar di media massa saat ini,” jelasnya kepada RADAR BENGKULU, kemarin.

Dengan hadirnya Komunitas Mahasiswa Peduli Literasi (KMPL) diharapkan agar dunia penulisan tidak kaku lagi serta lebih bisa mengembangkan kreasi, inovasi. Dan pemanfaatan media informasi tidak hanya dalam sisi berita saja, namun juga ada sisi dalam bidang ekonominya. (Mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: