Warga Desa Lubuk Saung Berjuang Usulkan Program pada Musrenbangdes

Warga Desa Lubuk Saung Berjuang Usulkan Program pada Musrenbangdes

RBO, ARGA MAKMUR – Untuk memastikan usulan pembangunan berasal dari warganya, setelah rampung menggelar Musdus di tingkat dusun. Pemdes dan BPD Desa Lubuk Saung kecamatan Kota Arga Makmur BU melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau (Musrenbangdes) untuk penetapan tahun 2021.

Acara ini di hadiri Kades Kadi Ismanto, Camat Jhon Kenedi S. Sos di wakili oleh Kasi PMD-K Sudirman, Babinkamtibmas, Babinsa, Bidan desa, Pendamping Desa, Prangkat desa, PKK, tokoh masyarakat, pemuda.

Acara tersebut dibuka resmi oleh Kasi PMD-K Sudirman, dalam kesempatannya menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbangdes ini kegiatan rutin setiap tahun dan desa berhak mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, baik dibidang dana DD, APBD/APBN, bidang Pembinaan. "Seluruhnya harus masuk sistem perencanaan pembangunan, melalui mekanisme Musrenbangdes, hasil Musrenbandes ini nantinya akan dibawa desa pada Musrenbangcam di tingkat kecamatan selanjutnya di Musrenbang Kabupaten, Provinsi dan Musrenbangnas,” ujar Sudirman.

Kades Lubuk Saung, Kadi Ismanto mengajak warga menyampaikan usulan pembangunan harus mengacu dengan RPJMDes Lubuk Saung. “Kita tentu banyak keinginan dan usulan pembangunan, namun lantaran angaran yang terbatas, jadi yang kita bangun yang mana yang di prioritaskan, yaitu Pembangunan sarana prasarana, Pembuatan jalan Hotmix di dusun II (1 paket), Pembuatan untuk persawahan dan kolam air deras dusun l (1 paket), Pengurasan pendangkalan irigasi Air Kemumu yang melewati Desa Lubuk Saung dusun l, II, III, IV (1km), Pembangunan Jembatan komposit/gorong-gorong di jalan provinsi, karena sering banjir di jalan Ratu Samban di dusun l (2 lokal), pembuatan drainase/pengurasan siring dusun V (200 m) dan di bidang lain warga juga memprioritaskan pengadaan mobil Ambulance Desa Lubuk Saung 1 unit, Pengambilan Sampah, Bedah Rumah 3 unit, Pengadaan Alsintan, Pengadaan bibit buah buahan,” Kata Kadi Ismanto.

Pemdes dan BPD Lubuk Saung sudah menentukan tim yang ikut hadir di tingkat Musrenbangcam nantinya. Sekdes Basuki Rahmad. S.th.i, dalam kesempatannya ia mengatakan bahwa hasil dari Musrenbangdes ini nanti akan di bawa ke Musrenbangcam dengan beberapa tim yang sudah ditentukan, harus mempertahankan setiap usulan Desa Lubuk Saung nantinya. "Tim sudah di bentuk dan kewajiban tim untuk mempertahankan usulan warga dalam musyawarah berikutnya," kata sekdes. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: