Dibuka Camat, Warga Desa Kembang Manis Antusias Ikuti Musrenbangdes

Dibuka Camat, Warga Desa Kembang Manis Antusias Ikuti Musrenbangdes

RBO, ARGA MAKMUR – Untuk memastikan usulan pembangunan berasal dari warganya, setelah rampung menggelar Musdus di tingkat dusun. Pemdes dan BPD Desa Kembang Manis, Kecamatan Air Padang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau (Musrenbangdes) untuk penetapan tahun 2021.

Acara ini di hadiri Kades Bambang Iskandar, Camat Heri Sulfana, Kepala Puskesmas Kembang Manis, tim dari kabupaten, Pamsimas, Pendamping Desa, Prangkat desa, PKK, tokoh masyarakat, pemuda.

Acara tersebut dibuka resmi oleh Camat Heri Sulfana, dalam kesempatan itu dia menjelaskan bahwa kegiatan Musrenbangdes ini kegiatan rutin setiap tahun dan desa berhak mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, baik dibidang dana DD, APBD/APBN, bidang Pembinaan. Dan tidak ada satu pun pembangunan yang dapat dilaksanakan Pemdes bila tidak ada dalam usulan tersebut. "Seluruhnya harus masuk sistem perencanaan pembangunan, melalui mekanisme Musrenbangdes, hasil Musrenbandes ini nantinya akan dibawa desa pada Musrenbangcam di tingkat kecamatan selanjutnya di Musrenbang Kabupaten, Provinsi dan Musrenbangnas,” kata Hari Sulfana.

Kades Kembang Manis, Bambang Iskandar mengajak warga menyampaikan usulan pembangunan harus mengacu dengan RPJMDes Kembang Manis. “Kita tentu banyak keinginan dan usulan pembangunan, namun lantaran angaran yang terbatas, jadi yang kita bangun yang mana yang diprioritaskan dulu, yaitu Pembangunan sarana prasarana, Pembungunan sarana Air bersih / sumur bor di (3 titik), Penambahan lokal PAUD, Lampu jalan Gang 50 unit, Pembangunan jalan usaha Tani 400 meter, MCK, membangun lantai gedung TPQ. dan di bidang lain warga juga memprioritaskan Pemberdayaan yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan, Pemberdayaan Posyandu, Adat, PKK, Linmas dan yang lainya,” Kata Bambang Iskandar.

Pemdes dan BPD Kembang Manis sudah menentukan tim yang ikut hadir di tingkat Musrenbangcam nantinya. Sekdes Andi, dalam kesempatannya juga mengatakan bahwa hasil dari Musrenbangdes ini nanti akan di bawa ke Musrenbangcam dengan beberapa tim yang sudah ditentukan, harus mempertahankan setiap usulan Desa Kembang Manis nantinya. “Tim sudah di bentuk dan kewajiban tim untuk mempertahankan usulan warga dalam musyawarah berikutnya,” kata sekdes. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: