Rohidin, Agusrin dan Helmi Berpeluang Diusung Parpol

Rohidin, Agusrin dan Helmi Berpeluang Diusung Parpol

Tiga Jalur Parpol Ditambah Satu Independen

RBO, BENGKULU – Menurut Direktur Lembaga Link Survey Assosiated (LSA), H. Muchdimon Muchlis M.Si, dari beberapa nama tokoh masyarakat kandidat bakal Cagub Bengkulu yang muncul saat ini, dia menarik kesimpulan hanya akan ada tiga nama yang berpeluang mendapatkan dukungan dari perahu Partai Politik (Parpol). Kemudian ditambah satu kandidat Bakal Paslon dari Jalur perseorangan atau independen.

“Kalau kita lihat dari konstalasi politik yang ada, itu ada Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Dr H. Rohidin Mersyah. Kemudian mantan Gubernur Agusrin M Najamuddin serta Ketua DPW PAN H. Helmi Hasan yang sedang dipertimbangkan oleh beberapa Parpol guna diusung menjadi Cagub dalam Pilkada Gubernur Bengkulu mendatang,” ungkap Muchdimon, Senin (16/12).

Adapun kenapa LSA menarik kesimpulan tiga nama itu berpeluang diusung oleh Parpol, sebab dari lebih 10 nama kandidat bakal Cagub yang muncul saat ini, yang terlihat sangat serius pergerakan dan akan maju dalam kompetisi Pilgub hanya tiga nama tersebut. “Kemudian dari sisi background, Rohidin sudah memiliki modal tujuh kursi DPRD milik Partai Golkar, yang artinya dia hanya butuh tambahan dua kursi guna mendaftar menjadi Calon. Sedangkan Agusrin M Najamuddin, meskipun beliau mantan napi, tapi nama besar Agusrin masih patut dipertimbangkan. Sebab masyarakat Bengkulu masih cukup familiar akan sosok Gubernur Bengkulu yang fenomenal tersebut. Sedangkan Helmi Hasan, walaupun dia beberapa kali menyatakan belum pasti akan maju, tapi itu merupakan bagian dari gaya politik yang dia mainkan. Sama halnya ketika beliau maju kembali saat Pilwakot Bengkulu tahun 2018 lalu. Selain itu, Helmi adalah Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu. Meskipun PAN hanya memiliki dua kursi, namun setidaknya mereka memiliki modal dan bisa membangun koalisi dengan Parpol lainnya guna mengusung Helmi,” terangnya.

Sedangkan untuk kandidat Bakal Cagub jalur perseorangan, meskipun isu beredar mengatakan ada Bupati Rejang Lebong Dr (Hc) H. Ahmad Hijazi yang bersiap maju lewat jalur perseorangan dengan cara mengumpulkan fotocopy dukungan KTP, hanya satu yang tampil. “Tapi yang memang sudah bergerak dan kita lihat telah terkumpul KTP dukungannya ada mantan Kapenrem Korem 041/Gamas David Suardi. Tapi prediksi kita hanya akan ada empat Paslon. Tiga jalur Parpol plus satu jalur perseorangan,” papar Dimon.

Sementara itu, dari KPU Provinsi Bengkulu, Koordinator Divisi Hukum, Eko Sugianto SP, M.Si mengatakan untuk penyerahan syarat dukungan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu sesuai PKPU nomor 16 tahun 2019 itu dapat dilaksanakan sejak tanggal 19 Desember hingga tanggal 22 Februari 2020. “Kalau sekarang belum mulai. Dan jumlah minimal dukungan yang diserahkan ke KPU untuk syarat calon perseorangan itu 139.991 dukungan,” singkat Eko. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: