Muara Mendangkal Diduga Perparah Banjir di Selagan Raya

Muara Mendangkal Diduga Perparah Banjir di Selagan Raya

RBO, MUKOMUKO - Camat Selagan Raya, Khairul Saleh, SKM, M.Si didampingi Kades Sungai Gading, Sabtu (25/1) melakukan pemantauan di Muara Sungai Gading di desa setempat. Dari hasil pantauan, Camat mendapati, muara Sungai Gading sudah mendangkal. Diduga kuat inilah yang menjadi penyebab banjir besar yang menerjang Desa Sungai Gading akhir 2019 lalu.

Camat menjelaskan, Sungai Gading bermuara di Sungai Selagan. Tepat di bibir muara Sungai Gading, ada tumpukan batu dan pasir yang telah membentuk pulau. Bahkan tumpukan batu dan pasir itu sudah ditumbuhi pepohonan.

"Inilah kemungkinan yang menjadi hambatan arus air Sungai Gading. Ketika debit air naik, arusnya tertahan. Akhirnya air naik ke pemukiman warga," sampai Camat ketika dikonfirmasi, Senin (26/1).

Kata Camat, terkait hal tersebut, sudah dilaporkan langsung ke Bupati Mukomuko. Tanggapannya kata Camat, Bupati langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko untuk melakukan pengerukan.

"Sudah kita laporkan kepada Bupati. Beliau langsung memerintahkan PUPR untuk melakukan pengerukan," ungkap Khairul Saleh.

Kendati demikian, meskipun Bupati telah memerintahkan langsung Dinas PUPR, pihak Kecamatan beserta Desa Sungai Gading, tetap akan berkoordinasi dengan dinas, instansi terkait. Diantaranya, Balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) VII dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko.

"Yang jelas, masyarakat sangat berharap dilakukan pengerukan tumpukan batu dan pasir di Muara Sungai Gading itu. Akan tetapi, sebelum dilakukan, prosedur tetap kita jalani," pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: