Gusnan Mulyadi: Kelola BUMDes Serius Bisa Untung Besar

Gusnan Mulyadi: Kelola BUMDes Serius Bisa Untung Besar

RBO   >>>   MANNA    >>>   Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menggelar pertemuan dengan para pengelola BUMDes se Bengkulu Selatan. Acara ini digelar  di ruang rapat Balai Sekundang, Jumat (7/2/2020).

Dalam pertemuan tersebut Bupati mengajak BUMDes lebih serius dalam mengelola usaha BUMDes masing - masing. Khususnya untuk usaha peternakan agar BUMDes yang ada lebih sejahtera. "Kami selaku pemerintah siap membantu memfasilitasi dan memberikan arahan bagaimana usaha yang dikelola BUMDes masing - masing untuk sukses dan bisa diaplikasikan kepada masyarakat," ujar Gusnan.

Caranya, lanjut Gusnan, pihak BUMDes memberikan contoh bagi para peternak yang ada di wilayah masing - masing untuk menyusun administrasi pengawasan dan pengendalian pelaksanaan tugas pengelola unit usaha BUMDes. Mengelola surat menyurat secara umum. Mengelola data dan informasi unit usaha BUMDes. Lalu membantu Ketua melaksanakan fungsi dan memimpin pengelolaan sumber daya di unit usaha BUMDes yang dipimpinnya.

Kemudian, pihak Pemdes memberikan dukungan dengan membelikan mesin pencacah pakan ternak diberikan kepada pihak BUMDes yang kedepannya bisa dimanfaatkan para peternak. Dengan catatan siap jadi pelopor, tauladan dan hasilnya siap menjadi sukses. "Begitu besar prospek yang bisa mendatangkan rupiah dari beternak sapi. Kotoran dan air seni sapi pun bisa dikelola dan menguntungkan. Saya jamin itu kalau ada niat. Nah, kalau kurang dana, maka akan kami bantu dengan KUR dari pihak BRI. Kami sudah bekerjasama dengan pihak bank, jadi kalau ada niat maka tentu kita akan berhasil," ujarnya Gusnan.

Pemerintah mendukung dari sisi permodalan pada pengelolaan usaha ekonomi yang produktif, distribusi dan pemasaran bagi usaha peternakan yang produktif, sehingga nanti arahnya adalah pembentukan produk unggulan desa atau produk unggulan kawasan desa dalam BUMDes.(cw2) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: