Semua Elemen Harus Ambil Peran Promosikan Wisata

Semua Elemen Harus Ambil Peran Promosikan Wisata

RBO, BENTENG - Hingga detik ini, masih banyak potensi objek wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) belum tergarap secara maksimal. "Potensi wisata daerah kita ini cukup banyak. Mulai dari wisata pegunungan, wisata sejarah, wisata danau, hingga wisata pantai. Tapi, cukup banyak pula potensi itu yang belum tergarap. Pasalnya, mulai dari sarana prasarana belum memadai," terang Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Tengah, Gunawan Wibisana S.Stp,MH.

Selain itu sambungnya, untuk menentukan potensi wisata diperlukan empat syarat khusus. Seperti, keamanan, pengamanan, sarana dan pra-sarana, serta efektifitas. "Didaerah lain objek wisatanya dapat berkembang dengan baik karena mudah diakses dari jalan utama. Sehingga, memudahkan pengunjung untuk menjangkau tempat wisata itu," sampainya.

Tapi, sambung Dia bukan berarti potensi wisata itu tidak dapat berkembang dan menjadi lebih baik. Seharusnya peluang itu mampu ditangkap oleh masyarakat dilingkungan setempat untuk mengembangkan potensi wisata. Justru berangkat dari masyarakat dari masyarakat setempat sebuah potensi akan terwujud menjadi objek wisata. Oleh sebab itu, perlu adanya dorongan dari masyarakat untuk menangkap peluang yang ada, caranya dengan menghidupkan wisata..

Untuk merealisasikan hal itu tidak mudah, sebab membutuhkan waktu dan kesabaran tersendiri untuk mendorong masyarakat agar bisa menggarap potensi wisata itu. "Perlu ada kreativitas masyarakat untuk bisa menarik wisatawan. Sehingga potensi yang ada dapat terkelola dengan baik," tutupnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: