Beli Rumput Vetiver Bisa Gunakan DD

Beli Rumput Vetiver Bisa Gunakan DD

66 Desa Sangat Rawan Bencana

RBO, KEPAHIANG - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang berharap seluruh Kepala Desa (Kades) bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk pengadaan atau pengembangan rumput vetiver. Sebab, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 11 tahun 2019, DD bisa digunakan untuk pengembangan rumput vetiver.

Menurut Kepala BPBD Kepahiang, Ir. Topik, dari 117 Desa dan Kelurahan yang ada di 8 Kecamatan Kabupaten Kepahiang ini, mayoritas rawan bencana alam, seperti longsor, banjir, dan bencana alam lainnya. "Semua Desa rawan bencana. Oleh karena itu kita harap Desa bisa mengakomodir DD untuk rumput vetiver, sehingga rumput vetiver ini bisa ditanam diseluruh desa yang ada di Kabupaten Kepahiang," ungkap Tofik Jumat,(28/2).

Sambungnya, berdasarkan hasil survey dari BPBD, di Kabupaten Kepahiang ada sebanyak 66 Desa yang sangat rawan bencana alam, khususnya longsor dan banjir. Salah satu langkah strategis untuk melakukan pencegahan yang dicanangkan presiden adalah melakukan penanaman rumput vetiver. Berdasarkan hasil penelitian, manfaat rumput vetiver sangat jelas. Terutama akar rumput tersebut mencapai kedalaman sekitar 5 meter. "Dan rumput vetiver ini cocok untuk ditanam di daerah yang rawan longsor. Ketika tumbuh hidup akarnya bisa mencegah terjadinya longsor. Selain dari itu, rumput vetiver ini juga bermanfaat untuk menjernihkan air," terang Topik.

Diakuinya, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepahiang tahun 2020 ini belum ada anggaran untuk rumput vetiver. Namun, pihaknya dari APBD akan berupaya di APBD Perubahan mendatang. Sejauh ini, untuk pengembangan rumput vetiver, BPBD sudah menginisiasi penanaman rumput vetiver di lahan milik BPBD yang ada di komplek perkantoran Kabupaten Kepahiang sebanyak 750 batang. Ia berharap setelah rumput itu tumbuh kembang nantinya, bisa dikembangkan di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Kepahiang. "Kalau sekarang kita belum punya anggaran untuk rumput vetiver ini. Tetapi kita upayakan di APBD perubahan mendatang, mudah-mudahan diakomodir," bebernya.

Dihimpun dari berbagai sumber, rumput vetiver dikenal sebagai tumbuhan sejenis rerumputan. Sebenarnya ada banyak jenis vetiver, tapi yang diandalkan untuk menanggulangi bencana adalah Chrysophogon zizaionide. Saat ini, rumput vetiver menjadi salah satu solusi untuk menguatkan struktur tanah melalui akarnya yang dapat tumbuh hingga kedalaman 5 meter. Vetiver jenis Chrysophogon zizaionides ini bisa mencegah longsor dan banjir karena punya akar yang kuat. Kekuatannya, merujuk pada penjelasan BNPB, setara dengan seperenam kawat baja.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: