SP 6 Butuh Kontainer Sampah

SP 6 Butuh Kontainer Sampah

RBO, MUKOMUKO - Ditengah Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus menghimbau agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan pemukiman. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Namun sayang, disisi lainnya fasilitas penunjang masih banyak belum terpenuhi. Diantaranya penempatan kontainer sampah yang belum merata.

Warga Desa Kota Peraja, Satuan Penduduk (SP) 6 Kecamatan Air Manjuto, Husni menuturkan, seharusnya di desanya sudah layak ditempatkan kontainer sampah. "Kalau selama ini masyarakat bingung mau buang sampah kemana? Kalau sudah ada kontainer kan enak," ujarnya.

Ia khawatir, jika tidak ada fasilitas pendukung pengelolaan sampah di SP6 ini, masyarakat justru membuang sampah sembarangan, ke sungai-sungai atau aliran drainase. Yang dirugikan tidak hanya masyarakat di sekitar SP6, namun juga masyarakat yang ada di hilir sungai. "SP6 ini kan, secara geografis berada di ketinggian, hulu dari beberapa anak sungai," ungkapnya.

Jika sudah ada kontainer sampah di wilayah ini, Pemkab bisa mensosialisasikan pengelolaan sampah yang baik, bisa nanti bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan ataupun Pemerintah Desa.

"Kalau sudah ada fasilitas pendukungnya, pemerintah mengajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan bijak itu enak. Kalau fasilitas belum ada, masyarakat paling banter membakar sampahnya. Kalau gak ya dibuang sembarangan," pungkas Husni yang juga pembina Kelompok Pecinta Alam di Kabupaten Mukomuko. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: