Guru Diperkenalkan AKM, Soal Bersifat HOTS

Guru Diperkenalkan AKM, Soal Bersifat HOTS

RBO  >>>   BENGKULU  >>>   Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs Kota Bengkulu, Idiarman, M.Pd mengatakan, seluruh guru tingkat SMP/MTs di Kota Bengkulu perdana diberikan soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), untuk pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditahun 2021 mendatang.  "Terkait AKM ini, pemerintah sudah mengenalkan Asesmen tersebut pada guru di seluruh Indonesia, bahwa bentuk soalnya seperti ini, guru diharapkan dapat mengarah ke soal-soal analisis," ujar Idiarman pada RADAR BENGKULU kemarin.

Dijelaskannya, soal-soal yang diberikan berbentuk analisis ini, guru diharapkan dapat memberikan pemikirannya berupa analisis. Apalagi,  soalnya bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang diarahkan oleh pemerintah. " Untuk itu, guru harus paham terlebih dahulu penerapan HOTS tersebut. Sebab soal-soal dari AKM ini bersifat HOTS semua," jelasnya.

Ternyata, penerapan AKM pengganti UNBK ini, siswa juga mengerjakan soal di komputer. Hanya saja soal-soalnya berbeda. Karena, lebih berpedoman pada soal analisis. "Alhamdulillah, tes perdana bagi seluruh guru SMP/MTs di Kota Bengkulu berjalan dengan lancar beberapa hari yang lalu. Jadi, guru dapat mempelajari lebih dalam lagi, ternyata begini soal AKM nanti untuk siswa," tuturnya.

Diketahui, soal HOTS yaitu soal-soal pada penalaran yang melibatkan level kognitif tingkat tinggi.  Pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemampuan berpikir tidak hanya sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan penolahan (recite). Soal HOTS adalah soal pada dimensi kognitif menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).  Soal HOTS akan sulit dikerjakan jika kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran masih pada taraf menghafal atau mengingat saja. Untuk mengerjakan soal HOTS, siswa harus benar-benar memahami suatu konsep secara mendalam sampai memiliki kemampuan untuk menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. (ach)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: