Tanamkan Budaya Siaga Bencana Sejak Dini

Tanamkan Budaya Siaga Bencana Sejak Dini

RBO, BENTENG - Kabupaten Benteng merupakan salahsatu wilayah di Provinsi Bengkulu yang rawan akan terjadinya bencana alam. Seperti bencana banjir, tanah longsor dan gempa bumi yang terjadi belum lama ini. Melihal fakta itu, Human Intiative Bengkulu terus mengajak masyarakat untuk tanamkan siaga bencana sejak dini.

Kali ini, Human Intiative memberikan pemahaman budaya sadar bencana kepada MI Darussalam Kabupaten Benteng dengan tema Pengurangan resiko bencana masuk sekolah, yakni simulasi bencana gempa bumi.

Sementara itu, Penyuluh Gempa Bumi Human Intiative Bengkulu, Sukur Rahmad A.Md mengatakan, pendidikan sadar bencana dilakukan ke siswa sekolah dasar sebagai upaya dini menumbuhkan kesiapsiagaan bencana. "Selain itu Simulasi dilakukan agar para siswa memiliki persiapan untuk menghadapi bencana yang bisa terjadi secara tiba-tiba," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya menumbuhkan budaya sadar bencana kepada seluruh siswa dari berbagai tingkatan sekolah. "Ini penting kita lakukan agar mereka mampu mengenali potensi, dampak dan upaya perlindungan bencana gempa yang bisa terjadi di sekitar mereka terutama gempa bumi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MI Darussalam Mundarwan,S.Pd,I mengatakan, terimaksih banyak kepada Human Intiative Bengkulu atas ilmu yang telah diberikan. Sehingga anak-anak menjadi tahu bagaimana cara menanggulanginya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: