Portal Dibuka, PT.SM Diminta Tak Ingkar Janji

Portal Dibuka, PT.SM Diminta Tak Ingkar Janji

RBO, ARGA MAKMUR - Setelah beberapa kali dilakukan pertemuan dan mediasi yang berlangsung alot antara warga, Pemdes, BPD degan pihak PT Sawit Mulya (SM) yang berlangsung di Balai Desa Pasar Bembah. Kemarin (15/3) akhirnya menepakati untuk membuka Portal Jalan Masuk Menuju Pabrik milik PT Sawit Mulya. Kepakatan ini diambil setelah sebelumnya beberapa hari Pintu menuju masuk ke PT.SM di demo dan di Portal warga setempat.

Dari Pantuan jurnalis di lokasi kemarin, sebenarnya warga sudah kurang mempercayai PT SM, sebab selama ini dinilai kurang perhatian pada lingkungan warganya. Namun dengan dimediasi oleh Pihak POLDA Bengkulu, Polsek Air Besi, Camat Air Napal, Pemdes, BPD Pasar Bembah serta anggota DPRD BU Dapil III Ruzianto,S.IP.

Pihak Manajemen PT. SM yang diwakili Hadi Prayoga, tampak kelimpungan mendapat pertanyaan dan desakan dari warga dan berjanji akan menindaklanjuti tuntutan warga Pasar Bembah. Diantara Tuntutan ini adalah Soal Harga Beli Sawit dari Desa Pasar Bembah akan disamakan dengan daerah lainnya di PT SM, soal CSR PT SM pada Desa Pasar Bembah akan dipertimbangkan akan diakomodir PT SM, selain uang RP.5.000 per mobil masuk membawa Sawit masuk Pabrik PT.SM yang sudah berjalan selama ini.

Soal tuntutan CSR sejak 2015 hingga 2020 yang dituntut warga juga akan menjadi perhatian dari PT SM. Walau tak ada keputusan yang pasti dan mengikat dalam mediasi kemarin, atas niat baik PT SM melakukan kerjasama yang baik dengan warga Pasar Bembah. PT. SM menyanggupi untuk mengakomodir tuntutan warga lewat pertemuan kembali selambat lambatnya tanggal 28 Maret.

Anggota DPRD BU Dari Komisi II Ruzianto,S.IP mengapreasiasi mencairnya persoalan warga dengan PT.SM di Pasar Bembah. Ruzi Mengingatkan pada PT.SM untuk tidak mengingkari keinginan dan kesepatan yang tercapai dalam pertemuan kemarin. “Syukur warga sudah membuka Blokir Jalan Masuk Pabrik SM, saya harap ini awal yang baik dan jangan ada dusta diantara kita,”ujar Politisi Hanura ini. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: