Dinkes Buat Call Center, RSHD Siap, Petugas Siap

Dinkes Buat Call Center, RSHD Siap, Petugas Siap

Bila Ada yang Terindikasi Silahkan Hubungi Call Center 085268913505, Petugas Siap Menjemput

RBO, MANNA - Perlu diketahui penyebaran virus corona tidak melalui udara namun melalui dari kontak langsung, sentuhan dan Droplet (batuk atau bersin). Untuk itu pihak Rumah Sakit Hasanudin Damrah (RSHD) membuat cara mengatasi penyebaran virus corona di Bengkulu Selatan.

Direktur RSHD Bengkulu Selatan, Dr. Emrusmadi, SpB mengungkapkan penyebaran virus ini melaui Droplet ini kurang dari satu meter dan orang didekatnya bisa terkena virus. "Kalau mau bersin ataupun batuk harus mempunyai etika agar orang yang ada disekitar kita tidak merasa cemas dan takut tertular," kata Emrusmadi kepada jurnalis RADAR BENGKULU, Selasa (17/3).

Dijelaskan dia, Etika batuk dan bersin harus ditutup dengan lengan, tisu ataupun lengan baju sebelah kanan.Yang lebih utama lagi bagaiman cara untuk memutus mata ratai penyebaran virus corana. "Solusi yang terbaik dengan cara meliburkan anak sekolah dan mengurangi aktifitas diluar rumah, virus tersebut akan mati dari 2 samapi 14 hari kedepan," jelasnya.

Virus corona ini ini menyerang sistem kekebalan tubuh(imunitas) manusia, kalau imunitas orang tersebut kuat maka mudah -mudahan tidak cepat terserang virus dengan cara mengenali dan membunuh potagen yang menyerang tubuh.

Maka dari itu agar imunitas tubuh ini kuat maka harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan bersih. "Kalaupun nantinya terkena virus ini tapi imunitas tubuh kuat dan sehat maka tidak akan terjangkit virus," ujar dia.

Dijelaskan dia, mengapa sampai terjadi bahkan sampai ada yang meninggal? Karena sudah ada penyakit bawaan seperti penyakit paru - paru maka virus tersebut dengan mudahnya menyerang tubuh. "Sudah ada penyakit bawakan lain sehingga virus tersebut mudah menyerang individu tersebut," sampai dia.

Sebagai rumah sakit rujukan RSHD sudah mempersiapkan ruang khusus isolasi yang terpisah dengan ruangan pasien rumah sakit. Untuk mengisolasi masyarakat yang terkena virus corona. Tapi walaupun ciri -cirinya tersebut sudah ada belum tentu terjangkit, maka dari itu jangalah cepat memvonis.

RSHD Dapat Baju Astronot 5 Set

RSHD juga sudah menyiapkan tim Dokter yang sudah mengikuti Workshoop di Jakarta dan pihak RSHD siap melakukan sosialisasi. "Alhamdulillah RSHD Bengkulu Selatan sudah mendapatkan baju seperti astronot tersebut untuk mengatasi pasien corona sebanyak 5 set yang dibagikan oleh Kemenkes sebanyak 30 set untuk se Provinsi Bengkulu dan itu masih sangat kurang," katanya.

Karena untuk mengatasi setiap dua orang pasien yang terkena corona harus menggunakan 10 set baju astronot tersebut, untuk itu RSHD memintak bantuan dari Pemerintah Daerah untuk mencukupinya.

Untuk mendukung hal yang dilakukan oleh RSHD Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Siswanto,S.Sos.M.Si mengungkapkan telah melakukan antisipasi dan pencegahan virus Corona atau Covid-19 jika merambah ke kawasan ini. “Apabila ada yang merasa terindikasi maka cepat hubungi Call Center di nomor 085268913505, maka kami akan segera menjemput pasien tersebut dengan menggunakan mobil ambulance dinas yang ada," ucap Siswanto.

Dia mengaku pihaknya telah memiliki tim yang sudah dilatih untuk menangani masalah covid-19 ini. Selain itu Rumah Sakit Umum Hasanuddin Damrah (RSUHD) Manna merupakan salah satu rumah sakit rujukan di Provinsi Bengkulu untuk menangani penderita virus Corona untuk wilayah Seluma, Manna dan Kaur.

"Kita juga sudah menyediakan mulai dari tim medis (dokter), tim keperawatan, tim logistik dan ruang khusus pun sudah dipersiapkan termasuk ruang UGD khusus. Juga sudah disiapkan ruang Isolasi bagi warga yang terjangkit virus Corona," jelasnya. (afa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: