Nah, Anggota Dewan Mukomuko Pulang DL Bisa Masuk Data ODP Corona

Nah, Anggota Dewan Mukomuko Pulang DL Bisa Masuk Data ODP Corona

RBO  >>>    MUKOMUKO   >>>    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Desriani, SH ketika dikonfirmasi kemarin mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 60 warga Mukomuko ditetapkan sebagai orang dengan pemantauan (ODP) virus Corona yang tersebar di beberapa kecamatan.

Meskipun ada 60 an warga yang didata sebagai ODP virus Corona, namun ia memastikan, saat ini Mukomuko masih zero kasus Covid-19.

"Orang dalam pengawasan saat ini ada 60 orang," sebut Desriani dalam keteranganya kepada RADAR BENGKULU Minggu (22/3).

Ditanya soal adanya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mukomuko yang masih nekat melaksanakan dinas luar daerah (DL), Desriani mengatakan, bukan tidak mungkin mereka bisa didata sebagai ODP virus Corona.

"Sesuai dengan definisi ODP, bagi siapa saja yang baru pulang atau pernah tinggal di daerah penularan Covid-19, dan kemudian mengalami gejala demam, gangguan saluran pernafasan ringan, akan didata sebagai ODP. Atau orang yang pernah kontak langsung erat dengan terinfeksi virus Corona juga ditetapkan sebagai ODP," terang Desriani.

Katanya, tim dan petugas kesehatan akan memantau siapa saja yang baru pulang bepergian Keluar daerah. Termasuk anggota Dewan dan para pejabat. Apabila ada gejala demam, gangguan pernafasan ringan "bisa didata sebagai ODP," kata Desriani.

Terkait pengawasan ini, tambah Desriani, ia meminta kepada petugas kesehatan di Puskesmas-Puskesmas, pihak Kecamatan hingga pemerintah desa, agar cepat melaporkan jika ada warganya, siapa saja, yang baru pulang bepergian dari luar daerah kemudian mengalami demam dan gangguan saluran pernafasan.

Ia juga berharap, siapa saja, termasuk para pejabat negara agar kooperatif melapor dan memeriksakan diri jika mengalami gejala demam, batuk, pilek, serta sesak nafas. Apalagi jika baru pulang dari luar daerah.

"Virus Corona ini harus dilawan bersama. kerjasama semua elemen pemerintah mulai dari tingkat desa sampai pusat. Namun yang terpenting kesadaran kita sebagai warga siapapun. Adanya status ODP, PDO, Suspect, ini bentuk deteksi dini. Pencegahan harus dilakukan sedini mungkin supaya tidak ada kasus positif Corona di Mukomuko," beber Desriani. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: