Dua Alternatif, Pembangunan Jalan Padang Capo Atau Tais – Maras ?

Dua Alternatif, Pembangunan Jalan Padang Capo Atau Tais – Maras ?

RBO, SELUMA - Sekretaris Bappeda Seluma, Harianto, SE mengatakan, tahun 2021 mendatang ada dua alternatif pembangunan jalan provinsi yang akan direncanakan di Kabupaten Seluma. Kedua jalur tersebut yakni jalan dari Kecamatan Sukaraja hingga desa Padang Capo atau jalan dari Kota Tais hingga Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). "Saat ini masih dibahas melalui Musrembang ditingkat provinsi. Untuk pembangunan jalan link provinsi di Kabupaten Seluma ada dua kemungkinan, kalau tidak diprioritaskan pembangunan jalan dari Kecamatan Sukaraja hingga Desa Padang Capo, atau pelebaran jalan dari Kota Tais hingga Kecamatan Semidang Alas Maras," kata Sekretaris Bappeda Seluma, Harianto SE belum lama ini.

Hanya saja diakui, untuk kondisi jalan provinsi, jalur lintas barat di sepanjang wilayah kabupaten kondisinya sangat baik. "Oleh karenanya, untuk jalan dari Kota Tais hingga Kecamatan Semidang Alas Maras hanya pelebaran jalan. Sementara untuk ke desa Padang Capo rencananya akan dilakukan pembangunan hotmix," sampainya.

Sementara itu, jika pembangunan jalan diprioritaskan di Desa Padang Capo, maka hal itu akan memutus keterisoliran dan membuka akses ekonomi masyarakat disejumlah desa di wilayah itu. "Terlebih jika rencana pembukaan akses jalan tembus hingga Kabupaten Lintang Empat Lawang dapat terealisasi, maka akan memperlancar akses transportasi dan ekonomi masyarakat kedua kabupaten," sampainya.

Hanya saja, persoalan pembangunan jalan dari Desa Padang Capo tembus Kabupaten Lintang Empat Lawang masih terkendala dengan adanya status Hutan Lindung di wilayah perbatasan. (One)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: