Gubernur Salurkan 1000 KIP Untuk Mahasiswa

Gubernur Salurkan 1000 KIP Untuk Mahasiswa

RBO, BENGKULU - Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2020, pemerintah Provinsi Bengkulu akan memberikan bantuan pendidikan berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi 1000 mahasiswa lama dan mahasiswa baru yang diterima di perguruan tinggi. Hal itu diungkapkan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah usai audiensi bersama pimpinan Perguruan Tinggi di Bengkulu dan Badan Eksekutif Mahasiswa membahas dampak covid-19 terhadap proses belajar mengajar dan perkuliahan di Provinsi Bengkulu, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu.

"Kita menyiapkan KIP dari Pemerintah Pusat, ada sekitar 1000 kuota di Provinsi Bengkulu untuk mahasiswa di Perguruan tinggi," ungkap Rohidin.

Dijelaskan Rohidin, program dari pemerintah pusat tersebut tidak hanya diperuntukan bagi mahasiswa baru saja, tetapi juga untuk mahasiswa di Bengkulu yang terdampak Covid-19. Seperti halnya orang tua mahasiswa terdampak covid-19 hilang pekerjaan atau orang tuanya meninggal akibat covid-19 maka bisa dapat KIP tersebut.

"Jadi dengan adanya KIP tidak ada alasan bagi mahasiswa berhenti kuliah. Terlebih, jika mahasiswa pun belum mampu membayar Uang Kuliah Tungal (UKT) masih tetap diperbolehkan mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya," ujar Gubernur.

Program KIP akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik.

Fasilitas yang akan diterima oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah 2020, menurut Pedoman Pendaftaran Kartu lndonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2020 yang dirilis dalam laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Rl tidak hanya biaya masuk dan kuliah yang gratis, penerima KIP Kuliah juga akan menerima bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: